Sejarah dan Misteri Gunung Sagara Brebes, Masyarat Meyakini Terdapat Jendela Neraka

Sejarah dan Misteri Gunung Sagara Brebes, Masyarat Meyakini Terdapat Jendela Neraka

TAPAK TILAS - Sejarah dan misteri gunung Sagara ini menjadi salah satu peninggalan dari para leluhur warga sekitar.-(Foto: Istimewa)-

Penemuan Naskah Kuno

Pada abad ke-19, di situs Gunung Sagara ditemukan naskah lontar tua yang menggunakan bahasa Sunda kuno. Naskah ini dibawa oleh Bupati Brebes, R.A. Chandranegara, dan diserahkan kepada seorang ahli bahasa untuk disimpan di Batavia. 

Dua naskah Sunda yang terkenal dari temuan ini adalah "Suaka Dharma" dari Kabuyutan Ciburuy, Garut, dan "Cerita Ratu Pakuan." Isi naskah tersebut menyebutkan bahwa penulis mendapatkan inspirasi dari bertapa di Gunung Kumbang, menunjukkan betapa sakralnya tempat tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Mitos dan Kengerian Kali Pemali Brebes, Dikisahkan Ada Kerajaan Gaib yang Mendiami Sungai Ini

Penutup

Indonesia memang kaya akan tempat-tempat yang unik, mistis, dan indah. Gunung Sagara, dengan segala cerita dan sejarahnya, adalah salah satu harta yang patut dijaga dan dilestarikan. 

Meskipun zaman telah modern, nilai-nilai budaya dan tradisi nenek moyang tetap hidup di hati masyarakat. Semoga kisah misteri gunung Sagara ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menghargai sejarah dan menjaga keindahan alam.

 

Sumber: