Mengenal Mitos dan Kengerian Kali Pemali Brebes, Dikisahkan Ada Kerajaan Gaib yang Mendiami Sungai Ini

Mengenal Mitos dan Kengerian Kali Pemali Brebes, Dikisahkan Ada Kerajaan Gaib yang Mendiami Sungai Ini

Mitos dan Kengerian Kali Pemali Brebes--

TEGAL, radartegal.disway.id - Membahas mitos serta kengerian dari legenda kali pemali Brebes.

Kisah horor kali ini datang dari Kali Pemali Brebes, yang punya mitos setiap tahun selalu meminta tumbal.

Brebes memang terkenal dengan kebudayaan dan adat istiadatnya. Daerah yang menjadi penyumbang telur asin dan bawang merah terbesar di Indonesia itu, rupanya memiliki kisah yang mistis dan memiliki kengerian tersendiri.

Dikisahkan Kali Pemali yang berada di Brebes, memiliki penunggu Lembudana dan Lembudini. Mereka berdua dikisahkan oleh warga lokal sebagai siluman yang berbentuk kerbau yang memiliki kepala ular.

BACA JUGA:Bermula dari Sepasang Suami Istri Keturunan Tionghoa, Inilah Sejarah Industri Telur Asin di Brebes

Kali Pemali Brebes memiliki beragam nama seperti Ci Pamali, Sungai Pamali, atau Kali Brebes. Berhulu di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes serta memiliki sumber mata air Tuk Sirah.

Sekilas membahas tentang Kali Pemali, sungai ini rupanya menjadi sungai yang terbesar di di Kabupaten Brebes. Panjang dari sungai ini mencapai 125,4 km mengalir dari selatan menuju ke utara.

Awalnya di zaman dahulu, terdapat sebuah mitos tentang seorang paraji atau dukun bidan yang diminta untuk membantu proses kelahiran bayi.

Namun betapa terkejutnya si paraji, ketika mengetahui yang ditolongnya merupakan mahluk yang akan segera melahirkan yang mahluk itu berasal dari kerajaan gaib yang mendiami Kali Pemali Brebes.

Namun apalah daya sang paraji harus menyelesaikan persalinan dari mahluk tersebut. Setelah dibantu proses melahirkannya si mahluk berterimakasih dan memberikan kunyit kepada sang paraji sebagai bayaran atau hadiah.

Dikisahkan kunyit yang diberikan, berubah menjadi emas. Mahluk itu berjanji tidak akan mengganggu kesejahteraan warga Brebes yang kemudian kata-kata ini dhubungkan dengan tumbal Kali Pemali.

Uniknya setiap orang yang meninggal di Kali Pemali, tidak ada satupun dari mereka yang merupakan warga asa Brebes.

BACA JUGA:Walaupun Kental Dengan Kawasan Pabrik dan Area Persawahan, 5 Kecamatan Ini Paling Maju di Brebes

Diceritakan sepanjangan tahun 2013-2016 banyak sekali warga yang meninggal di Kali Pemali, hal ini dikaitkan dengan tumbal mahluk gaib yang mendiami sungai tersebut, entah hal ini hanya kebetulan atau memang nyata terjadi.

Sumber: journalsoreang.com