Sejarah dan Misteri Gunung Sagara Brebes, Masyarat Meyakini Terdapat Jendela Neraka

Sejarah dan Misteri Gunung Sagara Brebes, Masyarat Meyakini Terdapat Jendela Neraka

TAPAK TILAS - Sejarah dan misteri gunung Sagara ini menjadi salah satu peninggalan dari para leluhur warga sekitar.-(Foto: Istimewa)-

BREBES, radartegal.id - Sejarah dan misteri gunung Sagara. Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya yang melimpah, menyimpan banyak tempat yang memiliki nilai sejarah, keindahan alam, serta aura mistis yang tak lekang oleh waktu. 

Salah satu tempat yang memadukan ketiga unsur tersebut adalah gunung Sagara. Terletak di perbukitan Desa Gandoang, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah. 

Gunung Sagara tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga menyimpan berbagai cerita mistis dan sejarah yang menarik untuk diulas.

Menurut penjelasan dari channel Tualang Brebes, banyak misteri gunung Sagara yang jarang ora tahu, apa saja mitos di dalamnya? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: Sejarah dan Mitos Desa Jalawastu Brebes, Adat Istiadat yang Masih Dilestarikan dari Dulu hingga Sekarang

Sejarah Gunung Sagara

Gunung Sagara, yang kerap dikaitkan dengan gunung Kumbang yang berada di sebelahnya, merupakan salah satu tempat yang memiliki nilai historis tinggi. 

Menurut cerita masyarakat setempat, gunung ini menyimpan peninggalan purbakala berupa arca yang diyakini berasal dari zaman nenek moyang. 

Arca tersebut tidak hanya menjadi bukti sejarah, tetapi juga saksi bisu dari berbagai ritual dan kepercayaan masyarakat masa lalu.

Menurut naskah kuno yang disimpan di perpustakaan Bodleian, Oxford, Gunung Kumbang dulunya adalah tempat para pendekar dan raja-raja Hindu bertapa, salah satunya adalah Prabu Jaya Pakuan. 

Naskah tersebut menyebutkan bahwa Gunung Kumbang dan Gunung Sagara merupakan kawasan sakral yang dihormati oleh masyarakat Sunda kuno.

BACA JUGA: Mitos Ular Buntung Penunggu Waduk Malahayu Brebes, Konon Kerap Jadi Penolong Pengunjung yang Tenggelam

Asal Usul Nama Gunung Sagara

Sumber: