7 Mitos tentang Goa Sunyaragi Cirebon, Bisa Tembus ke Mekah dan Cina sampai Adanya Istana Gaib

7 Mitos tentang Goa Sunyaragi Cirebon, Bisa Tembus ke Mekah dan Cina sampai Adanya Istana Gaib

7 mitos Goa Sunyaragi Cirebon-Tangkapan layar YouTube/Mahmuddin service-

BACA JUGA: Tarik Perhatian Wisatawan, Mitos Goa Hawang di Maluku Konon Bisa Bawa Keberuntungan dan Sembuhkan Penyakit

BACA JUGA: Gua Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat, Dipercaya Punya Lorong yang Bisa Tembus sampai ke China dan Mekkah

Jika ada perempuan yang masih lajang dan menyentuh patung tersebut, maka dipercaya akan sulit mendapatkan jodoh. Namun, ada juga mitos lain menyebutkan bahwa patung ini jadi nasihat jika hamil sampai melahirkan, harus tahu siapa bapak dan suaminya.

3. Goa Kelanggengan

Legenda tentang Goa Sunyaragi Cirebon lainnya ini berbanding terbalik dengan patung Perawan Sunti. Ada namanya Goa Kelanggengan yang bermakna ‘langgeng’ yang dipercaya bisa membuat hubungan seseorang bertahan lama.

Terutama jika orang-orang yang belum menikah, bisa segera dapat jodoh. Bagi yang sudah ada kekasih, maka dipercaya hubungannya makin langgeng dan ke jenjang berikutnya.

Mitos soal goa ini membuat sebagian orang beranggapan jika tidak sengaja menyentuh patung Perawan Sunti, maka Goa Kelanggengan bisa menangkal mitos itu. Entah benar tidaknya, ini sudah jadi asumsi sebagian orang yang datang.

BACA JUGA: Mitos 3 Goa di Indonesia yang Terkenal Angker, Konon Penunggunya Suka Menampakkan Wujudnya Pada Pengunjung

BACA JUGA: Mitos Patung di Goa Sunyaragi yang Konon Tidak Boleh Dipegang oleh Perempuan yang Masih Perawan

4. Istana Tersembunyi

Adapun mitos tentang Goa Sunyaragi Cirebon yang lain, yaitu dipercaya dulunya merupakan istana tersembunyi. Ada ratu gaib yang menjadikan goa ini sebagai tempat beristirahat.

Selain itu, ada juga cerita menyebutkan Goa Sunyaragi ini dulunya tempat pengasingan serta meditasi wanita kerajaan Kesultanan Cirebon. Entah benar tidaknya, namun tidak sedikit yang percaya mitos ini.

5. Penjaga Supernatural

Kisah mistis tentang Goa Sunyaragi Cirebon ini yaitu dipercaya oleh para penjaga supernatural atau gaib. Konon sosok-sosok tak kasat mata ini terus menjaga goa agar tetap aman.

Sumber: