Gua Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat, Dipercaya Punya Lorong yang Bisa Tembus sampai ke China dan Mekkah

Gua Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat, Dipercaya Punya Lorong yang Bisa Tembus sampai ke China dan Mekkah

Taman Sari Gua Sunyaragi di Kota Cirebon, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.--

RADAR TEGAL - Salah satu kota di Jawa Barat, yakni Cirebon banyak mempunyai peninggalan sejarah peradaban di Tanah Air. Satu yang paling terkenal adalah Taman Sari Gua Sunyaragi.

Gua Sunyaragi ini berada tepat di tengah-tengah kota, dan sarat dengan cerita dan mitos yang unik. Sejak dahulu Kota Cirebon dikenal sebagai kota pelabuhan yang berada di pesisir Pantai Laut Jawa.

Saat ini Gua Sunyaragi menjadi salah satu destinasi wisata tujuan utama yang menyimpan sejarah peradaban di Kota Udang tersebut. Tak hanya mempunyai nilai historis, Taman Sari itu juga ternyata menyimpan sejumlah mitos.

Mitos-mitos di Gua Sunyaragi tersebut bahkan sudah berkembang turun temurun hingga saat ini, utamanya bagi kalangan masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya. Yang paling populer bahwa pengunjungnya bisa enteng jodoh.

Mempunyai banyak ruangan

Sejumlah warga sekitar menyebutkan ada beberapa bagian di dalam obyek wisata tersebut yang mempunyai cerita dan mitosnya masing-masing. Sedikitnya ada tiga mitos yang paling sering dibicarakan.

Sekadar informasi bangunan bersejarah ini merupakan gua buatan, yang berada di Kelurahan Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Bangunan itu juga sering disebut sebagai Tamansari Sunyaragi.

Tamansari sendiri berasal dari kata sunya yang berarti sepi, dan ragi yang mempunyai arti raga. Menurut berbagai literatur sejarah, tempat ini didirikan tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon.

Pangeran Kararangen merupakan salah seorang cicit Sunan Gunung Jati, yang merupakan salah satu sunan dari Wali Songo. Bangunan milik Keraton Kasepuhan itu, banyak mempunyai ruangan yang masing-masing memiliki kegunaannya masing-masing.

Gua Sunyaragi ini konon terdiri dari 12 ruangan yang mempunyai manfaat berbeda-beda. Misalnya Bangsal Jinem, Gua Pengawal, Kompleks Mande Kemasan, Pandekemasang, Simanyang, Langse, Peteng, Arga Jumud, Padang Ati, Kelanggengan, Lawa, dan Pawon.

Tiga mitos unik yang banyak dibincangkan orang

1. Kelanggengan Buat Enteng Jodoh

Mitos di sini merupakan kebalikan dari Patung Perawan Sunti, yakni membuat cepat dapat jodoh. Gua Kelanggengan berasal dari kata langgeng, yang artinya abadi, awet, dan tahan lama.

Mitosnya, jika orang yang belum menikah masuk ke salah satu gua di Taman Sari ini, maka akan cepat dapat jodoh. Dan bagi yang sudah punya jodoh, maka akan semakin dilanggengkan.

Sumber: