Asal-usul Kota Tegal Memiliki Julukan Kota Bahari, Ternyata Karena Hal Ini

Asal-usul Kota Tegal Memiliki Julukan Kota Bahari, Ternyata Karena Hal Ini

--

TEGAL, radartegal.id- Kota Tegal, Kota yang memiliki makanan khas Tahu Aci ini memiliki julukan Kota bahari. Masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi mendengar julukan Kota Bahari.

Kota yang yang mempunyai julukan Bahari ini, Namanya mungkin tidak asing terdengar bagi sebagian warga Indonesia. Namanya melekat pada ribuan warung makan diseluruh kota besar Indonesia. Kebanyakan warung Tegal (warteg) menyediakan hidangan sehari-hari yang sederhana, murah, dan bergizi. 

Kota yang memiliki julukan Bahari ini juga terkenal dengan  logatnya yang medok dan ngapak. Logatnya yang terkesan unik dan lucu banyak dimanfaatkan oleh para pelawak terkenal sehingga tercipta humor atau lelucon yang memikat perhatian.

Dilihat dari berbagai  sumber, Kota Tegal telah mendapat julukan sebagai Kota Bahari sejak tahun 1950-an. Julukan ini disematkan berkat industri galangan kapal yang berkembang di Kota Tegal. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: 4 Makna Penting dalam Tradisi Moci di Tegal, Bukan Sekedar Minum Teh saat Bersantai

BACA JUGA:Dibangun 1750-an, Sejarah Gedung DPRD Kota Tegal Ternyata Punya Nama Lain Resident Huis

Asal-usul Julukan Kota Bahari

Kabupaten Tegal terletak di kawasan pesisir utara Jawa Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, Purbalingga, Brebes, Banyumas, dan Laut Jawa. Karena letaknya tersebut, kehidupan di Kota Tegal tidak dapat dipisahkan dari sektor kelautan.

slogan yang mengatakan bahwa Tegal adalah Kota Bahari bertebaran di mana-mana di setiap sudut Kota Tegal. Bahari sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI berarti laut atau segala sesuatu yang berhubungan dengan laut.

julukan kota bahari telah tersemat bagi Kota Tegal sejak 1950-an berkat industri galangan kapal yang berkembang di sana. Industri di Tegal memang banyak ditopang sektor maritim atau kelautan, di mana sejumlah perusahaan menempatkan fasilitas galangan kapal di sepanjang garis pantai, khususnya di sekitar Pelabuhan Tegal. 

BACA JUGA: 3 Tempat Bersejarah di Tegal yang Wajib Dikunjungi, Salah Satunya Berkaitan dengan Pangeran Diponegoro

BACA JUGA: Berbentuk Benteng, Sejarah Pasar Pagi di Tegal Dahulunya Menjadi Wilayah Keraton Kerajaan Mataram

Sebagai kota pesisir, Tegal juga menjadi salah satu sentra perikanan utama di Pantai Utara (Pantura) dan memiliki banyak industri kecil yang mengolah hasil perikanan. Di samping alasan tersebut, motto "Tegal Kota Bahari" merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi, dan Indah. 

Sumber: