VIRAL! Tim Produksi FIlm Vina Sebelum 7 Hari Dilaporkan ke Polisi Atas Alasan Ini, Pelapor: Tunggu Klarifikasi

VIRAL! Tim Produksi FIlm Vina Sebelum 7 Hari Dilaporkan ke Polisi Atas Alasan Ini, Pelapor: Tunggu Klarifikasi

VIRAL, Tim Produksi FIlm Vina Sebelum 7 Hari Dilaporkan ke Polisi Atas Alasan Ini, Pelapor: Tunggu Klarifikasi--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Radartegal.id - Pengembangan kasus Vina Cirebon sampai saat ini masih berlangsung. Namun, kabar terbaru datang dari tim produksi film Vina Sebelum 7 Hari yang dilaporkan ke pihak polisi.

Berdasarkan informasi, tim produksi film Vina dilaporkan ke polisi atas dasar tuduhan membuat kegaduhan publik. Adapun laporan ini sudah diserahkan kepada pihak yang merasa bahwa film tersebut mengandung unsur kontroversial.

Tidak hanya itu, laporan tersebut juga mengatakan bahwa film yang mengangkat peristiwa nyata itu berpotensi mengganggu proses penegakan hukum yang sedang berjalan.

Pihak pelapor sendiri mengklaim jika ada dua poin utama yang mendasari pelaporan film Vina ini. Pertama pihak pelapor merasa adanya delik pidana yang berdasarkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), khususnya Pasal 28 Ayat 2.

BACA JUGA: Timbul Kecurigaan Baru, 2 DPO Pembunuhan Vina Cirebon Dihilangkan

BACA JUGA: Pegi Alias Perong Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon Buka Suara, Bantah Jadi Pelaku

Pasal tersebut mengatur tentang penyebaran informasi yang bisa menimbulkan rasa benci atau permusuhan antara individu maupun kelompok.  Kedua pihak pelapor mengacu pada Pasal 41 Undang-Undang Perfilman yang memungkinkan pemerintah untuk menarik kembali film yang sudah tayang dan dianggap membuat gaduh masyarakat.

Selain itu, pihak pelapor juga menegaskan apabila kasus Vina yang diangkat ke dalam film Vina Sebelum 7 Hari, masih dalam proses penegakan hukum. Artinya keputusannya belum mencapai final.

Mereka juga berpendapat jika penayangan film ini terus menimbulkan polemik di media dan publik. Lebih dari itu, film ini juga dikhawatirkan menghambat proses penyelidikan yang saat ini masih berlangsung.

BACA JUGA: Tolak Uang Suap, Ibu Pegi DPO Pembunuhan Vina dan Eki: Anak Saya yang Tidak Bersalah!

BACA JUGA: Mengenal 5 Saksi Kunci Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, Siapkah Terlibat Demi Ungkap Dalangnya?

Mereka beranggapan jika narasi negatif pada film yang diangkat dari kasus Vina Cirebon, bisa mempengaruhi opini publik dan menambah kompleksitas terkait penyelesaian kasus. Untuk sekarang, laporan yang ditujukan kepada tim produksi film Vina itu, sedang menuntut klarifikasi dari pihak produksi film.

Sumber: youtube: kompas tv