Asal-usul Brebes yang Dikenal Sebagai Penghasil Bawang Merah Terbesar dan Sundanya Jawa

Asal-usul Brebes yang Dikenal Sebagai Penghasil Bawang Merah Terbesar dan Sundanya Jawa

asal-usul kota brebes--

Hal ini disebabkan karena di antara keduanya ada yang tidak setuju dengan penandatanganan naskah kerja sama yang dilakukan oleh amangkurat dengan Belanda. Terutama dalam menumpas pemberontakan Trunajaya dengan imbalan tanah-tanah milik Kerajaan Mataram.

Sehari setelah peristiwa berdarah tersebut, atau tepatnya pada tanggal 18 Januari 1678, Raja Amangkurat II yang pada saat itu juga berada di Jepara mengangkat beberapa Adipati/Bupati sebagai pengganti mereka yang telah gugur. Salah satunya adalah pengangkatan Arya Suralaya yang merupakan adik dari Arya Martalaya menjadi Adipati Brebes.

Momen ini kemudian menjadi titik balik pemecahan Kadipaten Tegal menjadi dua bagian, yaitu timur dan barat. Wilayah timur tetap disebut Kadipaten Tegal, sedangkan wilayah barat disebut Kabupaten Brebes yang kemudian secara resmi menjadi daerah yang mandiri. 

BACA JUGA: Bukan Sekadar Mitos, Ini 5 Tempat Paling Angker di Brebes yang Sering Dipakai untuk Tempat Uji Nyali

kesimpulan

Brebes dikenal sebagai Kota Bawang dan Kota Telur Asin, hal itu yang membuat Kabupaten ini memiliki semboyan "Brebes Berhias, Bersih, Hijau, Aman dan Sehat".Brebes memiliki asal usul sejarah yang menarik untuk diketahui. Di antaranya berkaitan dengan asal usul nama Brebes dan berdirinya menjadi wilayah kabupaten yang mandiri.

Demikian informasi mengenai asal-usul kota Brebes semoga bermanfaat.

Sumber: