Media Belanda Soroti Perkembangan Timnas Indonesia, Prediksi Lolos Round Ketiga di Kualifikasi Pildun 2026

Media Belanda Soroti Perkembangan Timnas Indonesia, Prediksi Lolos Round Ketiga di Kualifikasi Pildun 2026

TIMNAS - Dengan media Belanda soroti perkembangan Timnas Indonesia ini membuktikan perkembangan yang signifikan terhadap kualitas pemain skuad Garuda Muda. -(Dok. PSSI)-

Sepak bola dihidupi di sana dengan cara yang sangat emosional, berbeda dengan apa yang biasa mereka alami di Eropa. “Di hotel kami di Jakarta, hotel itu penuh dengan orang sepanjang hari. 

Di semua lantai, di lobi, ada banyak orang yang menunggu pemain lewat,” ujar Thom Haye, dikutip dari NOS, salah satu media terkemuka di Belanda.

Media Belanda

Media Belanda soroti perkembangan Timnas juga menyoroti para pemain keturunan Indonesia yang bermain di Eredivisie dan bergabung dengan skuad Timnas Indonesia. 

Mereka menggambarkan Indonesia tengah bekerja keras untuk membentuk tim nasional yang kuat dengan fokus pada pemain-pemain keturunan Belanda yang memiliki darah Indonesia. 

Beberapa nama seperti Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, dan Marten Paes sudah terlebih dahulu bergabung dengan Squad Garuda. Oleh Romani, salah satu pemain keturunan, juga sedang mempertimbangkan naturalisasi untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Fenomena ini tidak hanya berhenti pada perhatian media. Popularitas para pemain keturunan ini juga meroket tajam di media sosial. Ragnar Oratmangoen, misalnya, pada November 2023 tidak memiliki akun Instagram. 

BACA JUGA: Marten Paes Tak Jelas, Shin Tae Yong Bakal Panggil Cyrus Margono ke Timnas Indonesia vs Irak

BACA JUGA: Netizen +62 Serbu Akun Timnas Guinea, PSSI: Tak Ada Ruang Untuk Rasis

Namun, pada 21 Maret 2024, jumlah pengikutnya meningkat menjadi 230.000 dan melonjak lagi menjadi 700.000 pada 26 Maret 2024. Thom Haye yang awalnya hanya memiliki 20.000 pengikut pada 24 Desember 2023, kini memiliki 650.000 pengikut pada 26 Maret 2024. 

Nathan Tjoe-A-On juga mengalami lonjakan serupa, dari 12.000 pengikut pada 10 Oktober 2023, menjadi 480.000 pada 26 Maret 2024. Kenaikan ini jelas terkait dengan dukungan para penggemar Indonesia yang sangat antusias terhadap para pemain keturunan di skuad Timnas Indonesia. 

Beberapa pemain bahkan memiliki pengikut lebih dari 1 juta, seperti Yasin Hner, Sandy Walsh, dan Elkan Baggott yang telah mencapai 1,7 juta pengikut.

ESPN Netherlands sebelumnya juga menyoroti hubungan Indonesia dan Belanda melalui para pemain keturunan yang bermain untuk Timnas Indonesia. Dalam salah satu postingannya, mereka menuliskan caption "Belanda berjabat tangan dengan Indonesia" pada pertandingan internasional. 

BACA JUGA: Jelang Pertandingan Timnas Indonesia Vs Irak, Kondisi Rumput Stadion GBK Mulai Dipulihkan Kembali

Sumber: