Warga Perbaiki Jalan dengan Dana Pribadi, Anggota DPRD Brebes: Semoga Lebih Banyak Dermawan Lainnya

Warga Perbaiki Jalan dengan Dana Pribadi, Anggota DPRD Brebes: Semoga Lebih Banyak Dermawan Lainnya

Gunakan dana pribadi, seorang pengusaha asal Brebes perbaiki jalan lingkungan.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Kondisi jalan rusak di Kabupaten Brebes hampir merata disetiap kecamatan. Tidak hanya jalan kabupaten, kondisi rusak juga berada di jalan perkampungan atau di wilayah pedesaan.

Dengan kondisi jalan rusak cukup panjang atau banyak di setiap titik ini banyak dikeluhkan oleh warga. Namun, alokasi APBD yang terbatas, menjadi salah satu pemicu banyak jalan yang belum tersentuh perbaikan.

Salah satunya di Desa Luwungragu, Kecamatan Bulakamba. Selain jalan kabupaten yang rusak, di desa tersebut juga ada sejumlah titik ruas jalan lingkungan di desa tersebut mengalami kerusakan.

Meski setiap tahunnya ada anggaran dari Dana Desa (DD) namun perbaikan belum bisa tercover. Hal ini menjadi banyak ruas jalan lingkungan yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Perbaikan Jalan di Desa Kecipir Dimulai, Anggota DPRD Brebes Minta Pembangunan Sesuai Mutu

BACA JUGA: Sempat Terhenti Karena Lebaran, Perbaikan Jalan Balamoa-Pangkah Kabupaten Tegal Akhirnya Mulai Dilanjutkan

Kondisi jalan rusak yang dikeluhkan warga, membuat salah seorang dermawan setempat Ridhohul Khukam, melakukan perbaikan jalan lingkungan di RT 05 RW 08. Perbaikan jalan tersebut sepanjang 150 meter lebar 2,2 meter dengan cor beton readymix.

Perbaikan ruas jalan tersebut menggunakan dana pribadinya. Dirinya menggunakan dana pribadi untuk memborong beton readymix dengan menggunakan 5 truk molen. Dia berharap, perbaikan jalan dengan cor beton bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Mohon maaf mas, saya tidak memiliki kepentingan apapun, hanya ingin ibadah membantu masyarakat sekitar saja. Kan kalau jalan mulus, bisa meningkatkan aktivitas dan perekonomian. Termasuk bagi petani akan senang akses jalan menuju areal persawahan sudah dicor. Ini kan sangat bermanfaat," kata Ridho kepada awak media.

Terpisah, warga setempat Rambang Sari (40) menjelaskan, mengaku kondisi jalan lingkungan di wilayahnya sudah bertahun-tahun dalam kondisi rusak. Dan tak kunjung diperbaiki. 

Warga sudah berulang kali meminta perbaikan jalan ke pihak desa maupun pemerintah. Namun, sampai saat ini tak kunjung diperbaiki.

"Alhamdulillah, mas Ridho membantu warga desanya sendiri. Kami benar-benar merasa terbantu oleh beliau yang ikhlas membantu warga disini," jelansya.

Dia menuturkan, tidak hanya di ruas jalan tersebut, Ridhohul Khukam juga pernah melakukan hal yang sama di ruas jalan lainnya di Desa Luwungragi. Tidak hanya di Desa Luwungragu, perbaika juga dilakukan olehnya di desa tetangga.

Sumber: