Pilkada 2024 Memanas, PKB Kabupaten Tegal Tidak Tutup Peluang Koalisi

 Pilkada 2024 Memanas, PKB Kabupaten Tegal Tidak Tutup Peluang Koalisi

KETUA PKB - Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A. Firdaus Assyairozi (dua dari kanan) saat penjaringan bacabup dan bacawabup Tegal. -Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

Pendaftar di PKB Kabupaten Tegal tidak hanya dari politikus, tapi juga pengusaha, mantan birokrat hingga petahana Bupati Tegal.

Ketua Desk Pilkada PKB Kabupaten Tegal A. Jafar mengatakan, penjaringan Pilkada 2024 di PKB berlangsung sejak 25 April hingga 19 Mei 2024.

Hasil dari penjaringan tersebut, ada 11 nama yang mendaftar. Diawali dari H. Ischak Maulana Rohman yang mendaftar sebagai bacabup Tegal pada Rabu 1 Mei 2024.

BACA JUGA: Daftar Lewat PKB, Cabup Tegal Wajib Dapat Restu dari Kyai Nahdlatul Ulama

BACA JUGA: Ischak Maulana Maju Cabup Tegal, Ribuan Kader PKB Serukan Hattrick

Kemudian di hari akhir penjaringan, Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Tegal Rusbandi mendaftar sebagai Bacawabup Tegal, pada Minggu 19 Mei 2024.

"Berkas pendaftaran dari 11 orang itu, semuanya sudah lengkap. Untuk tahapan berikutnya, berkas ini akan kami serahkan ke DPP PKB," kata Jafar didampingi Sekretaris Desk Pilkada PKB H. Miftachudin dan Divisi Saksi H. Mu'min, di Sekretariat DPC PKB Kabupaten Tegal, Selasa, 21 Mei 2024.

Menurut Jafar, mereka juga akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPP PKB. Setelah mengikuti fit and proper tes itu, DPP akan mengeluarkan rekomendasi untuk calon bupati dan wakil bupati Tegal dari PKB. Diharapkan, PKB akan menang Pilkada lagi di Kabupaten Tegal. 

"Untuk rekom, itu hak prerogatif DPP PKB. Jadi kita tidak tahu rekom itu akan turun kapan," ujarnya.

Sementara untuk pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Tegal dari PKB, kata Jafar, akan mengikuti jadwal tahapan di KPU. Jika melihat jadwalnya, pengumuman pendaftaran pasangan calon dibuka pada 24 Agustus 2024.

"Untuk koalisi, kami masih berkomunikasi dengan partai lain," imbuhnya. 

Sumber: