Misteri Makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah Kabupaten Tegal, Konon Pejabat Pada Era Kolonial

Misteri Makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah Kabupaten Tegal, Konon Pejabat Pada Era Kolonial

Makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Menariknya, di depan makam Belanda ini juga terdapat makam Belanda lain yang sayangnya sudah dalam kondisi rusak. Bentuk dari makamnya mirip dengan makam sebelumnya, hanya saja ornamen-ornamennya sudah banyak yang hilang.

Kemungkinan hilangnya ornamen dan tidak adanya batu marmer karena makam yang tidak terurus oleh keluarga atau masyarakat setempat.

Di sebelah belakang makam pejabat Pabrik Gula Pangkah, terdapat juga makam lain yang nampaknya sudah ada dari zaman Mataram kuno. Adapun nama pada makam tersebut bertuliskan "Hadisurjo Sjawal" dengan tahun meninggal 1889.

BACA JUGA: Kisah Misteri Julukan Tegalwangi dan Petilasan Sunan Amangkurat I yang Menjadi Tempat Wisata Religi

BACA JUGA: Pabrik Gula di Pangkah Tegal jadi Pabrik Tertua di Indonesia, Ini Sejarahnya

Kemungkinan, makam Mataram ini berada di zaman yang sama dengan makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah. Hal ini bisa dilihat dari tahun meninggal yang waktunya berdekatan 1890-1889.

Selain dua makam Belanda pertama, juga ada makam Belanda lain yang berada di kawasan belakang area pemakaman umum. Sayangnya, lokasi makam Belanda yang lain tersebut dipagar tinggi dan minim akses masuk.

Kemungkinan juga makam yang dipagar tinggi tersebut memiliki umur yang lebih tua daripada dua makam belanda terakhir yang salah satunya memiliki ornamen bamu terpotong.

Akhir kata

Nah jadi itulah, informasi seputar misteri makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah yang hingga sekarang nampaknya masih menjadi buah bibir oleh masyarakat setempat. Meskipun begitu, makam-makam tersebut menjadi aset sejarah yang berharga dan bukti bahwa pemerintahan Belanda memang benar ada di Indonesia.

Demikian informasi pada artikel ini. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat.

Sumber: youtube: sarkub indonesia