Misteri Makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah Kabupaten Tegal, Konon Pejabat Pada Era Kolonial

Misteri Makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah Kabupaten Tegal, Konon Pejabat Pada Era Kolonial

Makam Belanda di Pabrik Gula Pangkah--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

PANGKAH, radartegal.id - Kisah misteri dan mitos di Kabupaten Tegal hingga kini masih menjadi bahan perbincangan publik. Kisah misteri kali ini datang dari salah satu makam belanda di Pabrik Gula Pangkah.

Adapun nama dari makam Belanda tersebut tertulis nama Jan Gerhard Becking. Menurut masyarakat setempat, dia adalah salah satu pejabat pada era pemerintahan Belanda.

Menariknya, makam Belanda yang ada di pabrik gula Pangkah tersebut masih terawat bersih hingga sekarang. Bahkan ukiran nama Jan Gerhard Becking masih terbaca jelas tanpa ada kerusakan sedikitpun.

Sayangnya, pada batu marmer yang terdapat nama Jan Gerhard Becking terdapat corat-coret dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Hal ini mungkin dari sistem penjagaan makam Belanda yang kurang terjaga.

BACA JUGA: Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar, Terdapat Makam Keramat dan Sejarah Pertarungan Dua Tokoh Terkenal

BACA JUGA: Mitos Pabrik Gula Kunir Wungu, Simpan Kisah Mistis yang Menelan Tumbal Manusia

Lalu, seperti apa misteri makam Belanda yang berlokasi di Pabrik Gula Pangkah ini?

Sejarah makam Belanda yang ada di Pabrik Gula Pangkah

Diketahui makam Belanda yang berlokasi di Pabrik Gula Pangkah, berada di kawasan pemakaman umum. Tempat ini sering menjadi bahan perbincangan.

Mulai dari adanya penampakan, hingga kejadian-kejadian horor. Pada makam Belanda itu juga terdapat sebuah tugu yang berbentuk batang tebu yang terpotong oleh sebuah benda tajam.

Kemungkinan tugu ini menggambarkan profil pejabat Belanda Pabrik Gula Pangkah ini yang meninggal saat menjalankan tugasnya. Pada tulisan yang terdapat pada batu marmer, selain ada nama Jan Gerhard Becking.

Tercantum tanggal dan tahun meninggal pria tersebut. Diketahui Jan Gerhard Becking meninggal pada 17 Januari 1890.

BACA JUGA: Menguak Misteri Pasar Setan Gunung Lawu, Bisa Pindah Dimensi ke Zaman Masa Lalu

BACA JUGA: 4 Mitos Menyeramkan di Tegal: Ada Pabrik Gula yang Konon Angker dan Berhantu

Di sekeliling makam pejabat pabrik Gula Pangkah ini juga ada pagar-pagar besi yang berguna untuk melindungi area makam. Sedangkan di bagian atasnya terdapat sebuah atap yang terbuat dari bahan seng.

Sumber: youtube: sarkub indonesia