Apa yang Akan Terjadi Usai Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia? Nasib Israel di Ujung Tanduk

Apa yang Akan Terjadi Usai Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia? Nasib Israel di Ujung Tanduk

Presiden Iran, Ebrahim Raisi meninggal dunia karena kecelakaan helikopter --

BACA JUGA: Daftar Merek Motor Listrik di Indonesia dengan Kualitas Mumpuni yang Tak Kalah dengan Luar Negeri

Di ibu kota itulah, menurut organisasi hak asasi manusia, ia menjadi bagian dari komite hakim yang mengawasi eksekusi tahanan politik.Mendiang presiden tersebut sudah lama menjadi anggota Majelis Ahli, sebuah badan yang bertugas memilih pengganti pemimpin tertinggi jika ia meninggal dunia.

Ia menjadi jaksa agung pada tahun 2014 selama dua tahun, ketika ia ditunjuk oleh Khamenei untuk memimpin Haram Suci Razavi. Bonyad kolosal, atau lembaga amal, memiliki aset miliaran dolar dan merupakan penjaga tempat suci Imam Reza, imam Syiah kedelapan.

Ebrahim Raisi awalnya mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2017, namun gagal menentang terpilihnya kembali mantan Presiden Hassan Rouhani, yang mewakili kubu sentris dan moderat. Setelah jeda singkat, Ebrahim Raisi menjadi berita utama sebagai kepala sistem peradilan Iran yang baru ditunjuk oleh Khamenei pada tahun 2019. 

Kemudian ia menampilkan dirinya sebagai pembela keadilan dan pejuang melawan korupsi serta melakukan banyak perjalanan ke provinsi-provinsi untuk mendapatkan dukungan rakyat.Ebrahim Raisi menjadi presiden pada tahun 2021 di tengah rendahnya jumlah pemilih dan diskualifikasi luas terhadap kandidat reformis dan moderat, dan tampaknya telah mendapatkan pijakan yang kuat untuk dipilih kembali.

BACA JUGA: Ditopang Pinjaman Luar Negeri, Program PTSL Berlanjut Tahun 2024

Demikian pembahasan mengenai Presiden Iran Ebrahim Raisi meninggal karena kecelakaan helikopter. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: