Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar, Terdapat Makam Keramat dan Sejarah Pertarungan Dua Tokoh Terkenal

Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar, Terdapat Makam Keramat dan Sejarah Pertarungan Dua Tokoh Terkenal

mitos tanah jawa di Gunung Tidar--

Nah, makam ketiga adalah milik Ki Semar Badrayana, atau Sang Hyang Ismoyo, atau Kyai Semar. Beliau ini dianggap sebagai tokoh mistis penguasa Tanah Jawa, yang bersemayang di Gunung Tidar. 

Inilah mengapa Gunung Tidar dikenal memiliki berbagai kisah mistis yang melegenda. Tidak lain karena kehadiran Semar, sebagai simbol utama pada tradisi pewayangan Jawa.

BACA JUGA: Misteri Tanjakan Emen Subang, Banyak Mitos yang Menyelimuti Jalan Ini

Pasak Pulau Jawa

Gunung Tidar juga dikenal sebagai Paku atau pasaknya Tanah Jawa, dimana pada puncak gunung terdapat sebuah tugu menjulang. Dengan ukiran huruf Sa (tulisan Jawa) pada ketiga sisinya. 

Tulisan ini pun memiliki arti yang dapat membuat kita merenung, lantaran Sapa Salah Seleh yang dimaksud memiliki makna siapa berbuat salah akan ketahuan salahnya.

Sedangkan menurut catatan sejarah, analogi Paku Tanah Jawa dapat diketahui melalui catatan yang tertulis pada naskah Babad Tanah Jawa. Walau masuk dalam kategori legenda, kisah Gunung Tidar tetap memiliki arti penting bagi masyarakat Jawa. Selain dari kisah mitologi Semar Badrayana, yang konon mempunyai kuasa mistis tertinggi atas Tanah Jawa.

BACA JUGA: Mitos Waktu Sandekala di Tegal yang Perlu Kamu Tahu, Orang Tua Wajib Perhatikan Anak-anaknya Sekarang

Kesimpulan

Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar merupakan kepercayaan bagi masyarakat sekitar yang mayoritas beragama kejawen, hal ini didasari karena dahulu menjadi tempat bersemayam Eyang Ismoyo Jati atau Semar. Sehingga kepercayaan ini masih terus ada hingga sekarang. 

Demikian informasi mengenai mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: