Mitos Paku Tanah Jawa di Gunung Tidar, Pantang Dicabut atau Ini yang Bakal Terjadi

Mitos Paku Tanah Jawa di Gunung Tidar, Pantang Dicabut atau Ini yang Bakal Terjadi

paku tanah jawa di gunung tidar--

RADAR TEGAL - Gunung Tidar menjadi salah satu gunung di Indonesia yang menyimpan banyak misteri. Konon terdapat paku tanah jawa di Gunung Tidar.

Paku tanah jawa di Gunung Tidar merupakan penyeimbang Pulau Jawa agar tidak terjadi bencana besar. Konon paku ini merupakan hal yang sangat dijaga keberadaanya.

Paku tanah jawa di Gunung Tidar menjadi salah satu mitos dari banyaknya misteri Gunung Tidar. Gunung ini juga menjadi tempat berdirinya kerajaan gaib yang menjaga keseimbangan Pulau Jawa.

Berikut mitos paku tanah jawa di Gunung Tidar yang menjadi misteri hingga saat ini. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA:Mitos Tersembunyi dari Jembatan Comal Pemalang, Penampakan Buaya Putih dan Tangisan Misterius Anak Kecil

Paku tanah jawa di Gunung Tidar

Dalam letak geografis, Gunung Tidar terletak di tengah - tengah Pulau Jawa. Selain mitos yang menyelimutinya, gunung ini juga menyimpan kisah misteri hingga terkenal dengan keangkerannya.

Konon nama Gunung Tidar sendiri berasal dari kata "Mati dan Modar". Mati atau Modal jika di translate ke Bahasa Indonesia berarti kematian.

Namanya sendiri tidak lepas dari misteri yang menyelimutinya. Salah satu misteri yang beredar yaitu konon banyak orang yang datang ke gunung ini, namun tidak kembali atau bahkan kembali dalam keadaan tak bernyawa.

Selain itu, misteri lain di gunung ini yaitu memiliki kerajaan gaib yang dihuni oelh jin untuk menjaga gunung ini. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, jin sakti yang menjadi penguasa Gunung Tidar berhasil ditaklukkan oleh Syekh Subakir, seorang ulama yang datang dari Turki untuk menyebarkan agama Islam di Magelang.

BACA JUGA: Mitos Santet di Indonesia Disinggung dalam Kasus Stevie Agnecya, Nyata atau Sekedar Histeria Masa?

Gunung Tidar juga dikenal sebagai tempat makam para ulama dan Wali Songo, termasuk makam Syekh Subakir. Selain sebagai tempat wisata, Gunung Tidar sering didatangi oleh masyarakat Jawa tradisional yang ingin berziarah dan mencari wangsit.

Namun diantara mitos menarik di atas, mitos yang paling terkenal di yaitu terdapat tugu di Gung Tidar yang dipercaya menjadi paku tanah jawa. Paku Tanah Jawa ini bermaksud sebagai penyeimbang agar tidak terjadi bencana maupun menjaga agar Pulau Jawa tidak terbelah.

Tepatnya di puncak Gunung Tidar, tugu yang dipercaya Paku Tanah Jawa ini pantang dicabut. Jika tugu ini dicabut, konon seluruh Tanah Jawa akan mengalami bencana dasyat yang akan menghancurkan pulau dan seisinya.

Meski begitu, dibalik mitos dan misteri yang ada di gunung ini. Tidak dapat dipungkiri gunung ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Siapapun yang mengunjunginya pasti akan setuju jika kesejukan alam dan kehijauan pohon - pohon yang mengelilinginya jadi pesona tersendiri.

Sumber: