Mitos Waktu Sandekala di Tegal yang Perlu Kamu Tahu, Orang Tua Wajib Perhatikan Anak-anaknya Sekarang

Mitos Waktu Sandekala di Tegal yang Perlu Kamu Tahu, Orang Tua Wajib Perhatikan Anak-anaknya Sekarang

Mitos Waktu Sandekala di Tegal yang Perlu Kamu Tahu, Orang Tua Wajib Perhatikan Anak-anaknya Sekarang--Youtube/ Saqahayang dan Edit Canva

RADAR TEGAL - Sandekala dalah waktu saat menjelang maghrib atau pada saat terbenamnya Sang surya matahari. Ternyata, ada mitos waktu sandekala di Tegal yang sudah ada sejak zaman dahulu loh.

Mitos waktu sandekala di Tegal ini muncul turun-temurun dari generasi ke generasi lain. Hal ini tentunya membuat waktu ebelum maghrib ini menjadi sangat sakral.

Ternyata mitos ini tidak hanya ada di Tegal saja loh. Beberapa tempat lain khususnya suku Jawa dan Sunda sangat mengsakralkan waktu ini.

Bahkan beberapa orang lebih memilih diam di rumah dan cepat-cepat sampai rumah untuk menghindari waktu ini. Hal tersebut karena muncul beberapa mitos yang berkembang di tengah masyarakat.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulas tentang mitos waktu menjelang maghrib ini. SImak ulasan menarik ini sampai selesai tanpa terlewat satu kata pun.

BACA JUGA: Mitos Tempat yang Terkenal Mistis dari Kota Hujan Bogor, Salah Satunya Sering Jadi Tempat Pembegalan

Mitos waktu sandekala di Tegal yang wajib kamu tahu

1. Larangan Tidur

Pada waktu sandekala, orang-orang ilarang untuk tidur karena akan mengakibatkan beberapa hal. Salah satunya adalah banyak orang percaya tidur pada waktu mendekati sandekala akan membuat orang cepat pikun.

Lebih parahnya lagi, orang terebut akan mengalami gangguan jiwa karena waktu ini merupakan waktu pergantian terang menuju gelap. Dari hal inilah kebanyakan orang tua melarang anaknya untuk tidur.

2. Larangan Keluar Rumah

Ada sebuah larangan dari turun-temurun tentang larangan keluar rumah ini. Larangan ini muncul karena dipercaya bahwa waktu ini banyak roh jahat yang berkeliaran.

Hal tersebut kemungkinan merujuk pada agama Islam dimana waktu sandekala berdekatan dengan adzan maghrib. Saat azan maghrib banyak setan-setan yang berlarian terkentut-kentut menurut hadist yang ada.

BACA JUGA: 10 Tempat Terkenal dengan Mitos Seram di Tegal, Meski Dipercaya Angker tapi Tetap Ramai Dikunjungi

Sumber: