Jangan Nyalakan Sembarangan! Ternyata ini 4 Fungsi Lampu Hazard pada Mobil

Jangan Nyalakan Sembarangan! Ternyata ini 4 Fungsi Lampu Hazard pada Mobil

Jangan Nyalakan Sembarangan! Ternyata ini 4 Fungsi Lampu Hazard pada Mobil pict-istockphoto--

Ketiga, fungsi lampu hazard pada mobil yang harus kamu ketahui berikutnya adalah untuk memberi isyarat kepada pengemudi lain. Lampu hazard akan memberikan suatu isyarat kepada pengemudi kendaraan lain agar berhati-hati dan bersiap untuk dengan sigap memperlambat atau melakukan pindah jalur guna menghindari kendaraan yang berhenti secara tiba-tiba maupun bergerak lambat.

BACA JUGA: Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Tak Mudah Rusak

4. Penanda Bahaya

Keempat, fungsi lampu hazard pada mobil juga sebagai penanda adanya potensi bahaya. Biasanya mobil yang menyalakan lampu ini punya tujuan untuk memberi tahu pengemudi lain bahwa kemungkinan ada potensi bahaya yang akan terjadi pada jalanan di depan.

Misalnya puing-puing, hewan yang berseliweran, atau rintangan yang sulit. Sehingga adanya lampu ini dinyalakan bisa membuat pengendara lain lebih cekatan dalam mengambil tindakan pencegahan yang tepat. 

Kesimpulan

Gunakan lampu hazard saat ada kondisi genting yang mengharuskan mu untuk menyalakan lampu ini. Jangan lupa untuk bijak dalam penggunaan lampu hazard ini menyesuaikan pada undang-undang lalu lintas.

Anda bisa menggunakannya untuk mengisyaratkat pemberian kepada pengemudi lain bahwa akan ada potensi bahaya selama di jalanan agar pengemudi lain tersebut bisa dengan sigap mengambil tindakan.

Nah itu dia tadi pembahasan mengenai 4 fungsi lampu hazard pada mobil. Jangan coba-coba untuk menyalakan jika tidak dalam kondisi darurat. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: