5 Kasus Pembunuhan di Indonesia yang Masih Belum Diusut Tuntas, Salah Satunya Vina

5 Kasus Pembunuhan di Indonesia yang Masih Belum Diusut Tuntas, Salah Satunya Vina

KASUS - Seperti keluarga Vina, Akseyna, Marsinah, dan Munir, keluarga korban masih mengharapkan kabar baik dari polisi sebelum kasus ini berubah jadi cold case.-(Aditya Saputra/Radar Tegal)-

Pilot pesawat Munir saat itu, Pollycarpus, ditangkap. Rupanya, saat itu ia harusnya libur tapi tiba-tiba ditugaskan Dirut Indra Setiawan. 

Pollycarpus dijatuhkan vonis 20 tahun penjara. Namun, karena berbagai perkembangan penyelidikan, keputusan hakim menjadi inkonsisten dan akhirnya mereduksi hukuman Pollycarpus jadi 14 tahun sebelum akhirnya ia bebas bersyarat pada tahun 2014. Ia bebas murni pada Agustus 2018.

Banyaknya inkonsistensi dalam penyelidikan membuat aktivis HAM menganggap Pollycarpus hanyalah kambing hitam untuk mencegah keadilan dijatuhkan pada pembunuh Munir sebenarnya.

Hingga kini, pembunuh asli Munir, yang kemungkinan banyak orangnya, diduga masih berkeliaran bebas.

5. Noven

Siswa SMK Bogor Andriana Yubella Noven Cahya, 18 tahun, ditemukan tak bernyawa dan bersimbah darah di gang di Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, pada 7 Januari 2019. Seperti Vina, hingga kini penangkapan pelaku Noven masih belum menemui titik terang.

Dalam rekaman CCTV, terlihat Noven sedang berjalan menuju rumah kosnya. Namun, ia tak menyadari kalau ada seorang pria yang sudah menunggunya.

Saat berpapasan, pria itu langsung menusukkan sebilah pisau ke dada Noven dan meninggalkan sang remaja terkapar di gang. Luka tusuk yang diderita Noven memiliki kedalaman 22 cm dan lebar 3 cm. 

Investigasi pun dilakukan untuk mengidentifikasi wajah pelaku yang tertangkap buram di CCTV. Bahkan, FBI sampai dilibatkan untuk memecahkan identitas sang pria pembunuh.

Awalnya, polisi menduga mantan kekasih Noven, S, merupakan tersangka yang membunuh karena sakit hati. Namun, S akhirnya dibebaskan juga karena tak cukup bukti.

Polisi menyebut pembunuhan Noven sudah direncanakan setidaknya 2 hari sebelum eksekusi. Sayangnya, hingga 5 tahun kemudian, polisi belum juga mampu mengidentifikasi dan menangkap pembunuh Noven. 

Seperti keluarga Vina, Akseyna, Marsinah, dan Munir, keluarga korban masih mengharapkan kabar baik dari polisi sebelum kasus ini berubah jadi cold case.(*)

Sumber: