Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya

Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya

Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Mungkin sebagian besar dari para pemil mobil pernah merasakan getaran ringan pada setir utamanya saat mobil melaju pada kecepatan tinggi. Setur mobil bergetar ini adalah salah satu masalah yang umum pada mobil khususnya yang sudah berusia cukup tua.

Setir mobil bergetar, meskipun banyak yang sudah terbiasa tetap bisa mengganggu kenyamanan berkendara. Namun dengan kemunculan getaran pada setir mobil ini, menandakan adanya masalah yang harus diperbaiki.

Umumnya setir mobil bergetar saat dalam kecepatan yang tinggi, disebabkan oleh sistem rem mobil yang mengalami masalah. Biasanya disebabkan oleh cakram ram yang sudah bengkok, atau sudah habis masa pakainya.

Namun, apakah penyebab dari setir mobil bergetar hanya disebabkan oleh masalah pada sistem rem? Tentu saja tidak. Berikut Radar Tegal sudah menyiapkan informasi yang menjelaskan beberapa penyebab dan solusi dari setir mobil yang bergetar ketika melaju dalam kecapatan tinggi.

BACA JUGA: Tips Penggunaan AC Mobil yang Benar Diberbagai Cuaca, Ternyata Masih Banyak yang Belum tau

Penyabab setir mobil mengalami getaran ketika dilaju dalam kecepatan tinggi

Mengutip dari salah satu video chanel YouTube @Dokter Mobil Indonesia, ada beberapa hal yang menyebabkan setir pada mobil bergetar antara lain adalah:

1. Ban yang Tidak Seimbang

Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan getaran pada kecepatan tertentu, biasanya antara 80-110 km/jam. Hal ini bisa terjadi karena penyaluran berat pada ban tidak bisa merata keseluruh bagian mobil, sehingga saat ban berputar akan menimbulkan getaran.

2. Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Selain ban, kaki-kaki mobil yang terdiri dari komponen penting juga dapat menyebabkan setir mobil bergetar. Umumnya masalah ini disebabkan oleh bearing roda yang sudah aus atau memang sudah seharusnya diganti.

Adapun tie rod pada kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan seperti bengkok atau aus juga dapat menyababkan getaran dan tarikan pada setir.

BACA JUGA: Mobil Jepang Ketar Ketir! BYD Shark Pickup Diklaim Bisa Tempuh Ratusan KM Tanpa Emisi

Tidak hanya itu saja ball joint yang aus atau rusak juga bisa menyebabkan getaran pada setir mobil saat mobil sedang melaju.

Sumber: