Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya

Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya

Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Jangan Panik, Ini Penyebab dan Solusinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

3. Aligment mobil

Aligment atau pengaturan sudut roda yang tidak sesuai dan pas juga dapat menyebabkan setir mobil bergetar. Kesalahan aligment seperti  toe, camber, dan caster yang tidak sesuai, dapat menimbulkan getaran pada setir, utamanya saat menikung atau melaju lurus.

Cara mencegah setir mobil agar tidak bergetar

Lalu, bagaimana cara untuk mencegah setir mobil tidak bergetar saat melaju di atas kecepatan 80 km/jam? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti:

1. Balancing Ban Rutin

Lakukan balancing ban atau mengecek keseimbangan ban secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali atau setelah mobil menempuh jarak sejauh 10.000 km.

BACA JUGA: Performa Mobil Mulai Turun? Tak Perlu ke Bengkel, Lakukan Tips Berikut Biar Mobil Strong Lagi

2. Spooring dan Aligment

Sama seperti balancing ban secara rutin, Ana juga bisa melakukan spooring dan aligment secara berkala minimal setiap 1 tahun sekali.

3. Periksa Komponen Kaki-kaki

Periksa kondisi komponen pada kaki-kaki mobil secara rutin khususnya jika mobil sehabis dipakai melalui jalan yang rusak atau tidak rata.

Akhir kata

Nah jadi itulah, ulasan mengenai penyebab dan solusi setir mobil bergetar yang rupanya disebabkan oleh beberapa hal di atas. Sebagai tambahan, bawa mobil Anda ke bengkel jika getaran masih muncul setelah menerapkan tips-tips diatas. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: