7 Jenis Hantu di Indonesia yang Masih Dipercaya Masyarakat Ada di Sekitar Kita, Bikin Merinding

7 Jenis Hantu di Indonesia yang Masih Dipercaya Masyarakat Ada di Sekitar Kita, Bikin Merinding

berikut jenis-jenis hantu di Indonesia--

RADAR TEGAL - Berdasarkan wawancara dengan warga-warga lokal yang meyakininya, masyarakat meyakini beberapa jenis hantu di Indonesia. Jenis hantu tersebut mempunyai sejarah dan asal usul yang jarang diketahui masyarakat.

Jenis hantu di Indonesia yang diyakini ada cukup banyak dan ceritanya beredar luas di kalangan masyarakat sekitar. Apalagi area gunung dan hutan kerap dianggap sebagai rumah hantu tertentu.

Mengenai kepastian jenis hantu di Indonesia mungkin perlu pembuktian secara sains. Mamun masyarakat terdahulu lebih mempercayai leluhur mereka.

Oleh karena itu, adat istiadat yang kadang berkaitan dengan keberadaan hantu tidak bisa dihilangkan sampai sekarang. Beragam cerita makhluk halus seperti pocong, genderuwo hingga kuntilanak sering kita dengar. Berikut jenis hantu di Indonesia yang masih dipercaya masyarakat ada di sekitar kita. 

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Gunung Rinjani, Sosok Hantu Ini Kerap Menarik Kaki para Pendaki

Jenis-jenis hantu di Indonesia

1. Babi Jadi-jadian

Hantu ini adalah jelmaan yang berbentuk binatang yang bekerja sama dengan jin atau setan untuk mendapatkan kekayaan. Perbedaan antara monyet jadi-jadian dan babi jadi-jadian berada di tingkat keganasannya. 

Sebab, masyarakat yang ada di Tanah Sunda meyakini bahwa babi jadi-jadian ini lebih ganas ketimbang monyet jadi-jadian. Bahkan, hampir setiap malam bulan purnama mereka harus menyerahkan seorang anak yang berusia 10 tahun sebagai tumbal. 

2. Tuyul

Jenis hantu Tuyul ini menyerupai anak-anak, hanya mereka bukan manusia tetapi makhluk halus anak-anak. Mereka tidak mengganggu, menakuti orang atau membuatnya sakit; sebaliknya, mereka sangat disenangi manusia, karena membantu manusia menjadi kaya.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa perlu membuat semacam perjanjian dengan setan di tempat-tempat keramat agar tuyul mau menerima tawaran. Korban manusia pun diperlukan tiap tahunnya.

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Hantu Tuyul, Makhluk Astral sang Pencuri Uang Benarkah Ada?

3. Sundel Bolong

Sumber: