6 Perbandingan Keamanan Apple dan Android, Mana yang Lebih Baik untuk Privasi Data?

6 Perbandingan Keamanan Apple dan Android, Mana yang Lebih Baik untuk Privasi Data?

6 perbandingan keamanan apple dan android--

Apple memiliki kontrol penuh untuk hardware dan software yang mereka buat. Misalnya, pengguna perangkat Apple dipaksa untuk hanya bisa mengunduh aplikasi lewat App Store. Dengan begitu, kecil kemungkinan untuk malware bisa masuk dari sumber lain.

Di sisi lain, Android memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi/game dari luar Play Store dan biasanya HP baru diisi oleh banyak bloatware.

4. Pembaruan Berkala

Perangkat Apple jauh lebih mungkin mendapat pembaruan berkala ketimbang Android. Ketika sistem operasi versi terbaru diluncurkan, semua pengguna perangkat Apple atau setidaknya yang punya perangkat terbaru, diberi kesempatan untuk menginstal sistem operasi baru tersebut.

BACA JUGA: Apple akan Hadirkan 6 Produk Terbaru pada 2024, Mulai dari iPhone 16 sampai MacBook Air M3

Sementara Android, kapan waktu pembaruan dirilis tergantung brand pembuat HP dan jika dibandingkan dengan iOS 14, di waktu yang sama, hanya 25 persen HP Android yang telah mendapat pembaruan Android 11

5. Perbandingan Marketshare 

Apple secara tidak langsung membuat market share perangkat mereka jadi lebih rendah. Hasilnya, Apple juga secara tidak langsung mengurangi kemungkinan ancaman keamanan.

Dibanding Android yang kini punya market share sebesar 73 persen yang memungkinkan tersebarnya data dominan lebih banyak ketimbang Apple.

6. Autentikasi Wajah

Autentikasi wajah merupakan fitur keamanan yang ada baik di perangkat Android maupun perangkat Apple. Meskipun begitu, Apple lewat implementasi Face ID mereka yang dimulai sejak iPhone X pada tahun 2017 terbukti lebih baik.

BACA JUGA: Tips Beli iPhone Bekas Agar Tak Tertipu, Paling Penting Pastikan Apple ID Telah Kosong

Sebagai perbandingan, peneliti keamanan menyebut bahwa fitur autentikasi wajah pada HP Android dari brand seperti Samsung dapat “ditipu” menggunakan foto dengan objek wajah.

Kesimpulan

Perbandingan keamanan Apple dan Android menjadi pengetahuan terbaru bagi yang ingin memiliki salah satu dari kedua produk tersebut. Jika dibandingkan Android, fitur keamanan Apple memang lebih aman, tetapi android terus menerus mengembangkan teknologinya agar pengguna mendapatkan keamanan lebih privasi.

Sumber: