8 Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget, Terapkan Rumus 20-20-20

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget, Terapkan Rumus 20-20-20

cara menjaga kesehatan mata dari gadget--

4. Gunakan Filter Blue Light (Cahaya Biru)

Layar gadget menghasilkan blue light yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. Pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya biru pada layar gadget Anda atau gunakan kacamata khusus yang dapat melindungi mata dari sinar biru.

5. Minimalkan Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Paparan cahaya dari layar gadget dapat mengganggu pola tidur dan kualitas tidur kita. Usahakan untuk menghindari penggunaan gadget minimal satu jam sebelum tidur agar mata dan otak dapat bersantai dengan baik.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi HP Terbaru 2024 Harga 2 Jutaan, Murah Tapi Fiturnya Gak Kalah dengan Gadget Premium

6. Biasakan Cek Mata Rutin 

Tetaplah menjaga rutinitas pemeriksaan mata dengan dokter spesialis mata. Pemeriksaan mata yang teratur dapat membantu mendeteksi masalah mata yang mungkin muncul akibat penggunaan gadget.

7. Relaksasi Mata

Untuk mengurangi beban kerja mata, kalian juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan. Lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

8. Terapkan Rumus 20-20-20

Apakah kalian pernah mengenal rumus 20-20-20 atau Rule of Twenty? Rule of Twenty menerapkan istirahat untuk mata selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit. Caranya dengan melihat benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari posisi mata kalian.

BACA JUGA: Berkeliling Ajak Siswa SD Gemar Membaca, Kapolres Tegal Kota Ingatkan Pengawasan Penggunaan HP

Kesimpulan 

Menjaga kesehatan mata dari Gadget sangat perlu diperhatikan oleh semua orang, hal ini bertujuan agar aktivitas mata tidak mengalami kelemburan yang diluar kemampuan. Sehingga mata Anda masih dapat berfungsi secara baik, serta hindari penggunaan Gadget terlalu dekat.

Demikian informasi mengenai cara menjaga kesehatan mata dari Gadget. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: