Ada Layanan Paspor Keliling di MPP Alaya Sewagati Kota Tegal, Warga Jadi Pangling
LAYANAN PANGLING- Layanan paspor keliling di MPP Alaya Sewagati Kota Tegal disambut antusias warga. -K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id
Menurutnya, Layanan Pangling merupakan program terobosan luar biasa yang dilakukan MPP Alaya Sewagati bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang.
Layanan Pangling ini dinilai sangat membantu dalam mengurus pembuatan paspor untuk warga Kota Tegal khususnya, dan warga sekitar pada umumnya. Dalam proses pembuatan juga sangat tertib, terbuka, dan petugasnya ramah.
BACA JUGA: Besok Diresmikan, Begini Penampakan Gedung MPP di Kota Tegal
“Sehingga para pembuat merasa senang dan nyaman,” ungkap Kadarisman yang kebetulan mendapat antrean pertama.
Selain itu prosedur pembuatan juga berurutan, mulai dari pengambilan nomor antrean, pengisian formulir, pengecekan administrasi, pemotretan, pembayaran melalui mobile banking dan pemberitahuan jadinya paspor.
“Salut dan terima kasih untuk MPP Alaya Sewagati dan Kantor Imigrasi Pemalang dan Brebes yang telah membantu memberikan kemudahan untuk mengurus paspor,” ucap Kadarisman.
Manfaat adanya layanan paspor keliling di MPP Alaya Sewagati juga sangat dirasakan Sri Rahayu yang akan menjalani Kuliah Kerja Lapangan ke luar negeri Juni dan Juli nanti. Ditemui saat menunggu antrean pemotretan, mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang tersebut mengaku sangat terbantu Layanan Pangling.
BACA JUGA: Gedung MPP Tegal Akhirnya Diresmikan dengan Nama Alaya Sewagati, Ternyata Ini Artinya
“Layanan Pangling ini membantu sekali. Jadi hemat waktu, tenaga, dan biaya,” ucap guru SD Negeri Pesurungan Kidul 1 ini.
Sebagai informasi, MPP Alaya Sewagati resmi diluncurkan 12 Februari 2024 lalu. Alaya Sewagati sendiri merupakan bahasa Sanskerta yang bermakna Rumah Pengabdian.
MPP Alaya Sewagati menyelenggarakan 127 layanan publik dari 39 instansi maupun lembaga, dengan jam operasional Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 sampai 16.00, Jumat mulai pukul 08.00 sampai 11.00.
Kehadirian MPP Alaya Sewagati merupakan wujud transformasi birokrasi pelayanan publik berbasis teknologi. Tujuan akhir dari pembangunan MPP adalah kesejahteraan warga yang meningkat dan diharapkan mendukung kegiatan pemerintah agar dapat terlaksana dengan lebih efisien dan lebih transparan dari sebelumnya. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: