Gedung MPP Tegal Akhirnya Diresmikan dengan Nama Alaya Sewagati, Ternyata Ini Artinya

Gedung MPP Tegal Akhirnya Diresmikan dengan Nama Alaya Sewagati, Ternyata Ini Artinya

Walikota Tegal meninjau gedung MPP Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Setelah melalui proses pembangunan selama sekitar 6 bulan, Gedung mall pelayanan publik (MPP) di Kota Tegal akhirnya diresmikan, Senin 12 Februari 2024 siang. Gedung 5 lantai itu diresmikan dengan nama Alaya Sewagati.

Peresmian gedung MPP dilakukan secara langsung Walikota Tegal Dedy Yon didampingi Sekretaris Daerah drg Agus Dwi Sulistyantono. Di gedung yang dibangun dengan biaya sekitar Rp19 Miliar itu, nantinya terdapat puluhan kantor pelayanan.

Dalam sambutannya Dedy Yon menyampaikan rasa syukur Gedung MPP Kota Tegal kini bisa terwujud. Peresmian tersebut merupakan satu bukti konkret Pemkot benar-benar serius dalam komitmennya, meningkatkan mutu pelayanan tinggi kepada masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam setiap lini kehidupannya. 

"Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi secara paripurna. Dalam mewujudkan pembangunan gedung MPP di Kota Tegal ini," katanya.

BACA JUGA: Besok Diresmikan, Begini Penampakan Gedung MPP di Kota Tegal

Menurut Dedy Yon, pengintegrasian pelayanan publik itu, sebagai wujud transformasi birokrasi pelayanan publik berbasis teknologi. Tujuan akhir dari pembangunan MPP adalah kesejahteraan masyarakat yang meningkat.

"Sehingga hadirnya MPP saat ini diharapkan mendukung kegiatan pemerintah dari berbagai fungsi dapat terlaksana. Dengan lebih efisien dan transparan daripada sebelumnya," tandasnya.

Selanjutnya, Dedy Yon, mengimbau agar seluruh instansi, baik BUMN/BUMD/Swasta/Instansi Vertikal ataupun OPD di Lingkungan Pemkot Tegal yang membuka pelayanannya dapat memenuhi harapan masyarakat. Dengan memberikan pelayanan yang siaga, profesional dan solutif.

“Saya berharap, 39 instansi yang membuka stand pelayanan tersebut dapat berprinsip siaga, profesional dan solutif. Kepada masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan barang jasa ataupun pengurusan administrasi lainnya,” harap Wali Kota.

BACA JUGA: Rampungkan Gedung MPP Kota Tegal, Kontraktor Diberi Tambahan 20 Hari Sambil Bayar Denda Rp17 Juta per Hari

Dedy Yon juga mengimbau kepada terkait yang menjadi motor penggerak berjalannya MPP Alaya Sewagati, agar dapat dapat mempertahankan sinergitas serta berkoordinasi dengan sistem yang utuh. Bersama para instansi yang membuka gerai layanan agar dapat mengembangkannya secara berkelanjutan bagi terciptanya kenyamanan. 

Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan, MPP dibangun diatas tanah 500 meter persegi x 5 lantai, total luas bangunan 2500 meter persegi. Dengan nama Alaya Sewagati yang memiliki arti Rumah Pengabdian.

Gedung MPP Tegal dibangun selama 180 hari kalender dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp19 miliar lebih dan memiliki 5 lantai. Lantai 1 digunakan untuk pelayanan dan galeri ATM, lantai 2 digunakan untuk pelayanan dan pengaduan.

"Kemudian, lantai 3 gedung MPP Tegal digunakan untuk kantor DPMPTSP, Balai Nikah serta Musholla. Sedangkan lantai 4 dan 5 saat ini masih belum digunakan, lantai 1 dan 2 untuk pelayanan juga dilengkapi dengan ruang laktasi," pungkasnya. (*)

Sumber: