Peringati May Day Tahun 2024, Ribuan Pekerja di Kota Tegal Berkumpul di GOR Wisanggeni

Peringati May Day Tahun 2024, Ribuan Pekerja di Kota Tegal Berkumpul di GOR Wisanggeni

PENYERAHAN TROFI - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menyerahkan trofi kepada juara Lomba Futsal dalam puncak Peringatan Hari Buruh Internasional di Komplek GOR Wisanggeni, Rabu, 1 Mei 2024.-K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day Tahun 2024 dengan tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja atau Buruh yang Kompeten dengan tagline May Day Is Terampil Day digelar di Komplek GOR Wisanggeni, Rabu, 1 Mei 2024. Ribuan pekerja di Kota Tegal pun berkumpul di GOR.

Kegiatan peringatan May Day Tahun 2024 itu digelar Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal bekerja sama dengan perusahaan dan pekerja.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day Tahun 2024 Ade Iman Santoso menyampaikan, acara Peringatan Hari Buruh Internasional diselenggarakan untuk menjalin hubungan baik pekerja atau buruh dari berbagai perusahaan dan menjadi momentum merayakan kebahagiaan, serta menciptakan suasana kondusif iklim ketenagakerjaan di Kota Tegal.

“Tujuannya memperkokoh sinergi unsur tripartit dengan menjadikan May Day sebagai sarana memantapkan hubungan industrial yang dinamis, harmonis, dan berkeadilan,” sebut Ade.

BACA JUGA: 60 Ribu Buruh Akan Ikuti May Day Fiesta Hari Ini, 5.260 Personel Gabungan Disiagakan di Sekitar GBK

Acara Peringatan Hari Buruh Internasional diawali dengan acara Pra May Day Tahun 2024 yaitu Lomba Futsal yang diikuti sebanyak 28 perusahaan di GOR Tegal Selatan, Sabtu, 20 April 2024 dan Rabu, 21 April 2024. Kemudian Lomba Tenis Meja Perorangan Putra yang diikuti 40 orang mewakili perusahaan di Lapangan Tenis Indoor Kota Tegal, Minggu, 28 Mei 2024.

Dalam Puncak Acara yang dilangsungkan di GOR Wisanggeni, Rabu, 1 Mei 2024, diadakan Lomba Yel-Yel yang diikuti tujuh perusahaan dan Lomba Senam Kreasi yang diikuti lima perusahaan, dengan menghadirkan juri yang kompeten di bidangnya. Selain itu dilaksanakan donor darah. Tercatat 170 pekerja dari berbagai perusahaan turut mendonorkan darahnya.

Lomba Futsal menghasilkan Juara I Bank Mandiri, Juara II Rita Pasaraya, Juara III Bersama PT Dongcai Garmen dan PT KAI Balai Yasa. Lomba Tenis Meja Juara I Ripranowo dari PLN Cabang Tegal, Juara II Ahmad dari CV Prima Logam, Juara III Bersama Nur Sidik dari CV Prima Logam dan Gilang dari PT Menara Laut Bersatu.

Lomba Yel-Yel Juara I Perumda Air Minum Tirta Bahari, Juara II Politeknik Harapan Bersama, Juara III Permodalan Nasional Madani Cabang Tegal, Juara Harapan BMT BUM. Lomba Senam Kreasi Juara I Perumda Air Minum Tirta Bahari, Juara II Politeknik Harapan Bersama, Juara III PT Dongcai, dan Juara Harapan Permodalan Nasional Madani Cabang Tegal.

BACA JUGA: May Day, Marsinah Akan Diperjuangkan Partai Buruh Menjadi Pahlawan Nasional

Dalam acara peringatan May Day Tahun 2024 ini juga dilakukan Pengukuhan Relawan Pencegahan Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari unsur perusahaan. Pengukuhan Relawan P4GN ditandai dengan pembacaan ikrar perwakilan relawan dan penandatanganan oleh Pj Wali Kota, Plt Kepala Disnakerin, dan Kepala BNN Kota Tegal. 

Selain itu, diserahkan Santunan JKM dari Badan Penyelenggara Jamsostek kepada kepada Syahrudin ahli waris Sekretaris RW Kelurahan Debong Kidul Suci Purnamiati senilai Rp42 juta dan Santunan JKM, JHT, dan JP diserahkan kepada Wahidin yang merupakan ahli waris karyawan PT Tegal Wangi Tea Company Warkonah senilai Rp57.411.890.

Acara juga dimeriahkan pembagian doorprize berupa sepeda listrik, sepeda gunung, mesin cuci, televisi lemari es, dispenser, kompor dua tungku, blender, rice cooker, kipas angin, setrika, tabung gas, produk perusahaan, dan sembako. Doorprize utama dua unit sepeda listrik dimenangkan Niko Herlambang dari PT Pratama Abadi Santoso dan Alfa Rizki dari PT Garuda Mas Transindo. 

Sumber: