Ciptakan SDM Berkualitas, Pj Gubernur Jateng Minta Kepala Sekolah Siapkan Anak Didiknya

Ciptakan SDM Berkualitas, Pj Gubernur Jateng Minta Kepala Sekolah Siapkan Anak Didiknya

BERKUALITAS- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai memberikan arahan terkait SDM berkualitas kepada kepala SMA, SMK dan SLB se-Jateng di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta Selasa, 30 April 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Demi menciptakan SDM yang berkualitas, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana mendorong kepada kepala sekolah di wilayahnya untuk menyiapkan anak didiknya. Baik mereka yang belajar di jenjang SMA, SMK, maupun SLB.

Hal itu ditegaskan Nana Sudjana usai memberikan arahan kepada kepala SMA, SMK dan SLB se-Jateng di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta Selasa, 30 April 2024. Nana meminta kepada para kepala sekolah agar menyiapkan anak didiknya menjadi SDM berkualitas.

Para kepala sekolah diminta menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, seiring dengan adanya bonus demografi. Sebab, sebanyak 60% penduduk berada pada usia produktif, dan mereka yang akan mengisi era selama 20 ke depan.  

Maka, memberikan pendidikan yang baik merupakan suatu yang penting. 

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-23 Kalah dan Golnya Dianulir, Pj Gubernur Jateng Tetap Bangga

“Ini untuk menciptakan visi Indonesia, yaitu visi Indonesia Emas tahun 2045," ucap Nana.

Bagi yang menempuh pendidikan SMA, Nana meminta dilakukan formulasi sesuai tuntutan era merdeka belajar. Guru bisa memberikan pendidikan kepada siswa, dengan menggali dan mengembangkan potensi, minat dan bakat siswa, sehingga dapat mengarahkan siswa ke jurusan perguruan tinggi yang tepat.

Pada jenjang SMA, secara bertahap Pemprov Jateng akan merumuskan pendidikan double track, yakni disatukannya kecakapan akademik dan ketrampilan praktis vokasional.

"Harapannya di tingkat SMA itu tidak hanya akademik yang dikedepankan, tetapi nanti ditambahkan dengan ketrampilan-ketrampilan yang terkait dengan dunia usaha," katanya.

BACA JUGA: Dukung Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, Pj Gubernur Jateng Serahkan Hibah Rp791,6 M untuk KPU

Terkhusus SMK, Nana mengatakan, peningkatan kualitas sistem pendidikan vokasi menjadi salah satu program prioritas Pemprov Jateng. Harapannya lulusan SMK nantinya menjadi tenaga kerja yang terampil, sesuai kebutuhan dunia kerja.

Hal ini sejalan dengan sejumlah investasi yang akan masuk di Jawa Tengah. Sehingga, perusahaan itu kelak akan maksimal mendapat tenaga kerja lokal dengan kualitas SDM sesuai kebutuhan.

Sumber: