6 Cara Rawat Busi Motor agar Awet dan Optimal, Jangan Lewatkan Jadwal Ganti Rutinnya

6 Cara Rawat Busi Motor agar Awet dan Optimal, Jangan Lewatkan Jadwal Ganti Rutinnya

Ilustrasi. 6 cara rawat busi motor agar awet dan optimal-freepik-

Anda bisa bersihkan busi menggunakan sikat gigi bekas dengan lembut, maupun sikat khusus untuk membersihkan busi. Bersihkan tiap sisinya dengan baik dan teliti.

2. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas Baik

Cara agar busi motor awet berikutnya dengan menggunakan bahan bakar berkualitas baik. Biasanya tiap kendaraan, pasti ada bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikannya.

Jangan asal pilih bahan bakar untuk kendaraan Anda karena bisa mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan. Gunakanlah bahan bakar berkualitas tinggi atau setidaknya yang direkomendasikan pabrik.

3. Ganti Busi Sesuai Jadwal

Tidak hanya dirawat, busi juga perlu diganti secara berkala agar kendaraan tetap optimal. Jangan menunggu busi sampai rusak atau tidak layak pakai lagi baru diganti.

BACA JUGA: Jangan Anggap Sepele, Berikut Beberapa Kerusakan Suspensi Motor yang Harus Diantisipasi

4. Perhatikan Suhu Mesin

Cara rawat busi motor agar awet berikutnya yaitu perhatikan suhu mesin. Hindari overheat atau panas berlebih karena mudah merusak busi motor. Jangan biarkan mesin hidup terlalu lama dalam keadaan standby maupun berhenti sejenak. 

5. Cek Karburator dan Filter Udara

Langkah selanjutnya yaitu cek karburator dan filter udara kendaraan agar tetap dalam kondisi baik dan bersih. Jika memang sudah rusak, gantilah dengan yang baru agar kinerja mesin nanti tidak berdampak karena adanya kotoran yang menyumbat.

6. Cek Akselerasi Motor dan Tegangan Listriknya

Cara rawat busi motor agar awet tidak luput juga dengan cek akselerasi motor serta tegangan listriknya. Pastikan tidak terlalu tinggi maupun rendah, sehingga bisa merusak busi serta komponen elektronik lainnya pada motor.

Penutup

Langkah-langkah di atas tadi jadi cara sederhana untuk membuat busi motor tetap optimal. Jika memang ada mengalami kendala tertentu, segera bawa ke tempat service agar ditangani langsung oleh ahlinya. Demikian 6 cara rawat busi motor agar awet dan optimal. (*)

Sumber: