6 Cara Rawat Busi Motor agar Awet dan Optimal, Jangan Lewatkan Jadwal Ganti Rutinnya

6 Cara Rawat Busi Motor agar Awet dan Optimal, Jangan Lewatkan Jadwal Ganti Rutinnya

Ilustrasi. 6 cara rawat busi motor agar awet dan optimal-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini mengulas 6 cara rawat busi motor agar awet dan kinerjanya tetap optimal. Seluruh pemilik kendaraan roda dua wajib tahu cara-caranya agar motor bisa tetap memberikan performa yang baik.

Cara rawat busi motor agar awet dan optimal ini mesti dilakukan dengan rutin. Apalagi komponen ini jadi salah satu bagian penting agar bisa menghidupkan kendaraan.

Maka dari itu perlu tahu cara rawat busi motor agar awet agar kendaraan tidak mengalami kendala tiba-tiba mogok atau mati di tengah jalan. Terlebih motor digunakan setiap hari untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

Di bawah ini 6 cara rawat busi motor agar awet dan optimal yang bisa Anda lakukan. Wajib simak ulasan ini dan bisa lakukan segera ya!

Fungsi busi pada motor

Busi pada motor jadi salah satu komponen penting untuk menyalakan kendaraan. Saat pengguna memutar kunci pengapian, maka koil pengapian akan menghasilkan tegangan listrik yang kemudian dikirim ke busi.

BACA JUGA: Tips Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula, Dijamin Langsung Bisa

Nantinya akan menghasilkan percikan api yang hidup di ruang pembakaran motor. Proses pembakaran inilah yang menghasilkan energi untuk mendorong piston naik dan turun di dalam silinder mesin. 

Gerakan pada piston yang bisa membuat roda kendaraan bergerak dan kendaraan pun bisa digunakan. Inilah alasan mengapa busi jadi komponen penting dalam sistem pengapian kendaraan, baik motor maupun mobil.

6 Cara rawat busi motor agar awet dan optimal

Tips merawat busi motor ini juga bisa membantu daya tahannya untuk penggunaan sehari-hari. Berikut tips-tips sederhananya.

1. Bersihkan Secara Teratur

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkannya secara rutin. Pastikan untuk membersihkan tiap sisi busi, terutama di ujung elektroda busi yang rentan kotor dan rusak.

BACA JUGA: 3 Tips Efektif Merawat Sistem Pengereman Motor Agar Kampas Rem Tidak Cepat Habis

Sumber: