Mesin Mobil Sulit Menyala saat Pagi Hari? Jangan Panik! Ini 5 Jurus Jitu Agar Mesin Langsung Cespleng

Mesin Mobil Sulit Menyala saat Pagi Hari? Jangan Panik! Ini 5 Jurus Jitu Agar Mesin Langsung Cespleng

Mesin Mobil Sulit Menyala Saat Pagi Haru? Jangan Panik! Ini 5 Jutus Jitu Agar Mesin Langsung Cespleng--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

3. Cek Dinamo Starter

Alternator atau dinamo amper, merupakan bagian dari mesin mobil yang dapat mengalirkan listrik ke aki. Mungkin salah satu penyebab mesin mobil sulit menyala Anda adalah dinamo starter yang bermasalah.

Masalah dapat berupa ada hal yang menghambat aliran listrik alternator ke aki atau memang usia alternator yang sudah lewat masa pakai. Untuk mengatasinya Anda bisa mengunjungi bengkel mobil untuk mengganti alternator.

BACA JUGA: 5 Penyebab Mesin Suzuki APV Menjadi Boros 2024, Kenali Sebelum Terlambat Menyadarinya

4. Cek Saluran Bahan Bakar

Pada dasarnya mesin mobil sulit menyala dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun hal yang patut Anda hindari adalah masalah pada saluran bahan bakar.

Ketika bensin yang berada di tangki BBM tidak tersalur ke mesin karena ada hambatan pada saluran BBM maka dapat menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan. Untuk mengatasi penyebab mesin mobil sulit menyala ini Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk mendapat perbaikan.

5. Koil Mobil Overheat

Penyebab mesin mobil sulit menyala terakhir adalah koil mobil yang overheat. Koil mobil sendiri adalah komponen yang bekerja untuk mentransformasikan tegangan listrik rendah dari aki menjadi tegangan tinggi yang dibutuhkan busiuntuk menghasilkan percikan api.

BACA JUGA: Mesin Mobil Bau Gosong? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri koil bermasalah antara lain:

  • Mesin mobil sulit menyala, terutama saat mesin panas.
  • Mesin mobil brebet atau tersendat-sendat.
  • Ada bau gosong dari mesin mobil.

Apabila sudah muncul tanda-tanda diatas, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti.

Akhir kata

Nah jadi itulah 5 cara untuk mengatasi mesin mobil sulit menyala yang bisa Anda pahami agar mesin mobil Anda kembali prima seperti sedia kala. Demikian informasi pada artikel ini semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat.(*)

Sumber: