Mesin Mobil Bau Gosong? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Bau Gosong? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Bau Gosong? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya-otomotif-

RADAR TEGAL - Pernahkah Anda merasakan sensasi tidak nyaman saat berkendara karena mesin mobil bau gosong? Bau ini tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada kendaraan Anda.

Penyebab mesin mobil bau gosong bisa bermacam-macam. Mulai dari hal yang sepele hingga kerusakan komponen yang fatal.

Oleh karena itu, penting untuk segera mencari tahu asal mula mesin mobil bau gosong tersebut agar dapat segera ditangani sebelum masalahnya semakin parah.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum mesin mobil bau gosong beserta solusinya. Dengan memahami penyebab dan solusinya, Anda dapat menjaga performa mobil Anda tetap prima dan memastikan perjalanan Anda selalu aman dan nyaman.

BACA JUGA: Ketahui 5 Cara Merawat Mesin Mobil Diesel Tetap Awet dan Tahan Lama, Lakukan Secara Rutin!

1. Kampas Kopling Aus

Kampas kopling yang aus atau habis terbakar akan mengeluarkan bau hangus yang khas. Bau ini awalnya mungkin tidak tercium dari kabin, tetapi saat kampas kopling menipis, bau gosong akan semakin kuat dan terasa di dalam mobil.

Tips:

Jika Anda mencium bau gosong saat kopling mobil terasa selip atau getar, segera periksa kondisi kampas kopling. Sebaiknya ganti kampas kopling secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan mobil untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

2. Gesekan Berlebih

Bau gosong juga bisa terjadi karena beberapa material yang bergesekan secara berlebihan menjadi panas dan terbakar. Hal ini dapat terjadi pada rem, kampas rem, atau komponen lain yang mengalami keausan berlebihan.

Tips:

Jika Anda mencium bau gosong saat mengerem atau mendengar suara gesekan pada rem, segera periksa kondisi rem dan kampas rem. Lakukan servis rem secara berkala untuk memastikan rem berfungsi dengan baik dan menghindari keausan berlebihan.

3. Oli Mesin

Sumber: