Wanita Wajib Tahu! Begini 5 Cara Merawat Motor Matic

Wanita Wajib Tahu! Begini 5 Cara Merawat Motor Matic

Cara Merawat Motor Matic.--

RADAR TEGAL – Pengguna motor matic tentu perlu mengetahui cara merawat motor matic berikut ini terutama bagi perempuan, ya. Motor matic atau sepeda motor otomatis telah menjadi pilhan populer, khususnya bagi kebanyakan kaum perempuan karena mudah dalam dalam penggunaannya.

Berikut ini cara merawat motor matic yang perlu Anda ketahui. Utamanya, bagi kaum perempuan.

Sebagian pengguna motor matic, tentu penting untuk memahami cara merawat motor matic supaya tetap dalalm kondisi yang awet dan baik.

Terdapat hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengetahui cara merawat motor maitc, lho. Pertama, Anda perlu melakuan perawatan rutin seperti periksa  oli mesin, air radiator, dan sistem rem.

BACA JUGA: 5 Cara Merawat Motor Listrik dengan Mudah Agar Tegap Terjaga Stamina dan Performanya

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah oleh para perempuan dengan mempelajari bagian-bagian penting pada motor matic dan mengikuti panduannya.

Tidak hanya itu, menjaga kebersihan motor juga penting untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu membersihkan bagian luar motor secara teratur sehingga dapat membantu mencegah kerusakan dan korosi pada motor.

Para perempuan juga perlu mengetahui tanda-tanda kerusakan danmemperhatikan suara atau gejala yang tidak biasa dalam motor matic.

Berikut ini cara merawat motor matic yang penting khususnya untuk perempuan.

BACA JUGA: Perhatikan, Begini Cara Merawat Motor Listrik Agar Kondisi Tetap Prima

Cara Merawat Motor Matic

1. Cek kebersihan filter udara motor matic

Pastikan Anda  untuk rutin memeriksa dan membersihkan filter udara motor secara berkala. Filter udara yang kotor dapat mengurangi performa mesin.

2. Perhatikan tekanan ban motor matic

Selanjutnya, Anda perlu periksa tekanan udara ben sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mengurangi kinerja motor dan mengakibatkan kecelakaan.

3. Lakukan perawatan rutin

Perawatan secara berkala seperti sevis rutin dan penggantian oli secara teratur, penting untuk Anda lakukan supaya performa motor matic selalu terjaga.

4. Simpan motor di tempat yang aman

Apabila motor matic Anda sedang tidak digunakan, maka simpakanlah di tempat yang aman dan terlindungi dari cuaca ekstrem.

BACA JUGA: Perempuan Perlu Tahu! Begini 6 Cara Merawat Motor Matic Supaya Tetap Andal

5. Gunakan oli motor matic yang sesuai

Pastikan juga motor matic Anda menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic. Penggunaan oli yang tepat diketahui dapat  memperpanjang umur bensin, lho.

Selain mengetahui cara merawat motor matic. Anda juga perlu mengetahui, kelebihan motor matic sebagai berikut.

1. Motor matic lebih mudah untuk Anda operasikan

Tahukah Anda bahwa kelebihanmotor matic yang pertama yakni lebih mudah untuk Anda operasikan atau Anda gunakan.

Hal ini karena, Anda tidak perlu mengatur oper gigi hingga kopling. Karena Anda hanya perlu mengoperasikan gas dan rem saja.

BACA JUGA: Jangan Panik, Begini 6 Cara Merawat Motor Vespa Tua supaya Tetap Prima

2. Motor matic miliki ruang yang lebih banyak untuk menaruh barang

Kelebihan motor matic berikutnya yakni lebih banyak ruang besar untuk menaruh barang. Pertama, terdapat di sisi depan atau  tempat untuk pijakan kaki, di jok belakang, dan di bagasi yang rata-rata memiliki ruang  besar apabila Anda bandingkan dengan motor manual.

3. Motor matic lebih gesit dan lincah

Seperti yang Anda ketahui bahwa motor matic memiliki bodi yang lebih simpel, terlebih lagi memiliki wheelbase pendek. Sehingga membuatnya lebih lincah dan gesit pada saat diperjalanan.

4. Motor matic lebih ringan

Selain gesit dan lincah, motor matic diketahui memilikiberat yang ringan. Sehingga, motor yang satu ini sangat cocok untuk dikendarai para wanita.

Ditambah lagi, kini banyak wanita yang mengendarai motor matic dengan bebas, bahkan ketika menggunakan rok hingga hig heels, lho.

BACA JUGA: Beda Cara Merawat Motor Balap dan Harian Versi AHRT

5. Motor matic cocok untuk jalan-jalan

Kelebihan motor matic berikutnya yakni cocok digunakan untuk jalan-jalan. Jangankan jalan-jalan, motor matic juga sering digunakan untuk mudik jauh,lho.

Demikian ulasan mengenai cara merawat motor matic. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: