Jangan Panik, Begini 6 Cara Merawat Motor Vespa Tua supaya Tetap Prima

Jangan Panik, Begini 6 Cara Merawat Motor Vespa Tua supaya Tetap Prima

Cara merawat motor vespa tua--

RADAR TEGAL – Merawat kendaraan motor khususnya motor tua, merupakan kewajiban bagi  pemiliknya supaya motor tetap prima. Berikut cara merawat motor vespa tua supaya selalu prima.

Salah satu motor tua yakni vespa klasik yang membutuhkan sedikit perawatan istimewa supaya tetap tampil prima.

Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi kerusakan yang bisa terjadi sewaktu-waktu, mengingat seluruh perangkatnya sudah mulai usang, ya.

Selain itu, motor vespa juga memiliki mekanisme sistem yang berbeda dibandingkan dengan motor lainnya.

Lalu, bagaimana cara khusus dalam merawat vespa  tua supaya tetap dalam kondisi prima? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

BACA JUGA: 9 Cara Merawat Motor Matic yang benar Agar Awet dan Nyaman Digunakan Saat Berkendara

6 Cara Merawat Motor Vespa Tua

1.      Cek Bahan Bakar

Tahukah Anda bahwa apabila motor vespa tua tidak Anda gunakan dalam waktu lama, maka akan menimbulkan kerak pada tangki bahan bakar yang dapat menyumbat saluran ke sistem pembakaran.

Nah, cara terbaik yakni dengan menguras bensin apabila motor tidak digunakan dalam jangka waktu satu bulan.

Untuk mencegah munculnya kerak pada tengki bahan bakar, maka perlu diisi dengan bahan bakar dengan oktan tinggi.

Namun,  apabila sudah terlalu mengendap di tangki, maka perlu melakukan pengurasan.

2.      Oli Samping Berkualitas

Seperti yang Anda ketahui bahwa vespa klasik atau vespa tua masih menggunakan dua tak yang membutuhkan oli samping dalam proses pembakaran.

Oleh karenanya, pemilihan oli samping juga perlu Anda perhatikan supaya mesin tetap dalam kondisi prima dan tidak menimbulkan kerak.

Selain itu, penggunaan oli samping juga perlu Anda perhatikan supaya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Hal ini memungkinkan mesin bekerja dengan maksimal dan tidak banyak bahan aditif yang mengendap.

3.      Mengecek Busi secara  Rutin

Busi merupakan komponen terpenting pada Vespa yang menjadi sumber pengapian dalam proses pembakaran pada mesin.

Busi pada vespa tua atau klasik sering berkerak yang membuat motor Anda akan sulit dihidupkan.

Oleh karena itu, disarankan setiap pekan busi selalu Anda cek dan  dibersihkan dengan amplas.

Hal tersebut dapat memungkinkan motor vespa tua yang Anda miliki mempunyai pengapian yang bagus sehingga dapat dengan mudah untuk dihidupkan.

4.      Mengganti Oli

Cara yang keempat ini tentu banyak yang sudah mengetahui, ya.

Meskipun motor Anda tidak sering digunakan, namun penggantian secara berkala harus Anda lakukan untuk memastikan olih melumasi komponen mesin dengan baik.

Motor vespa tua juga disarankan untuk Anda hidupkan guna memanaskan mesin untuk mencegah pengendapan oli.

Apabila sudah terjadi seperti itu, satu-satunya cara yakni dengan mengganti oli mesin.

BACA JUGA: Terlengkap! Intip Daftar Harga Motor Vespa Terbaru Periode Bulan Juli 2023

5.      Rutin Mengecek Karburator

Tahukah Anda bahwa dnegan  menerapkan pemeriksaan rutin pada karburator menjadi hal  yang wajib untuk merawat vespa tua Anda supaya tetap tampil prima.

Cara ini juga merupakan komponen yang kerap alami masalah, yang biasanya terjadi  penyumbatan.

Nah, untuk memeriksa karburator dan membersihkannya juga cukup mudah yakni karburator hanya perlu Anda  cuci dengan bensin atau cairan pembersih karbu, terutama pada saluran-saluran bensin supaya tidak terjadi penyumbatan.

6.      Priksa Saluran Bensin

Saluran bahan bakar atau bensin merupakan salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan.

Kotoran dan kerak yang terdapat pada bahan bakar bisa mengendap di saluran bensin yang dapat menimbulkan penyumbatan.

Hal ini dapat Anda lakukan satu bulan sekali dnegan  cara mencucinya dengan mengunakan bensin dan meniup untuk memastikan aliran bensin tidak tersumbat.

Apabila kotoran atau  kerak sulit dibersihkan, maka disarankan untuk melakukan penggantian.

 

Demikian ulasan mengenai 6 Cara Merawat Motor Vespa Tua. Semoga bermanfaat.***

 

Sumber: