Perhatikan, Begini Cara Merawat Motor Listrik Agar Kondisi Tetap Prima

Perhatikan, Begini Cara Merawat Motor Listrik Agar Kondisi Tetap Prima

Cara Merawat Motor Listrik Agar Kondisi Tetap Prima--

RADAR TEGAL - Merawat motor listrik memang wajib dilakukan jika ingin kendaraannya selalu dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, yuk kita ketahui beberapa cara merawat motor listrik dengan benar.

Kini populasi motor listrik itu sendiri mulai tersebar diseluruh Tanah Air. Penggunanya juga datang dari kalangan yang beragam. Namun banyak pengguna yang masih belum paham bagaimana cara merawat motor listrik dengan benar agar kondisinya tetap prima.

Seperti yang sudah diketahui, motor listrik memang memiliki komponen yang jumlahnya lebih sedikit dibanding motor bermesin. Dengan begitu, mari simak cara merawat motor listrik dengan benar.

Lantas, apakah benar motor listrik benar-benar bebas perawatan? Begini cara merawat motor listrik yang dirangkum artikel radartegal.disway.id berikut ini.

BACA JUGA: Perempuan Perlu Tahu! Begini 6 Cara Merawat Motor Matic Supaya Tetap Andal

Cara merawat motor listrik

1. Jangan Lupa Ganti Van Belt

Para pemilik harus mengetahui, van belt tersebut memiliki usia pakai tertentu, yaitu 3.000 km. Jika sudah mencapai jarak tempuh sejauh itu sebaiknya dilakukan penggantian, walaupun tarikan motor dirasa masih baik-baik saja.

2. Jangan Nekat Terobos Banjir

Sebisa mungkin hindari genangan air yang tingginya melebihi soket pengisian daya. Soket ini bisa ditemui di area dek tengah motor tepatnya di antara kaki pengendara. Secara kasat mata posisinya memang sudah cukup tinggi.

Menerobos genangan banjir memang bukan satu hal yang patut dilakukan. Jangankan untuk motor listrik, motor dengan mesin pembakaran internal pun bisa menghadapi risiko serius jika dipaksa menerjang banjir setinggi itu.

3. Hindari Mencuci Motor dengan Air Bertekanan

Tips selanjutnya untuk perawatan motor listrik ialah lebih berhati-hati ketika mencuci bodi motor yang kotor. Surya menyarankan untuk menghindari penggunaan air bertekanan dengan alasan keamanan komponen kelistrikan.

BACA JUGA: Jangan Panik, Begini 6 Cara Merawat Motor Vespa Tua supaya Tetap Prima

Hal ini utamanya berlaku ketika hendak membersihkan bagian kolong body motor. Kalau perhatikan dengan seksama, di sana terdapat semacam kisi-kisi udara yang bisa menjadi celah air menyusup ke sistem kelistrikan.

4. Cabut Baterai Jika Tak Digunakan

Di luar cara perawatan motor listrik yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa tips dari sumber berbeda yang cukup masuk akal untuk dilakukan.

Salah satunya adalah melepas baterai ketika motor tidak akan digunakan pada jangka waktu yang cukup lama. Tapi sebelum melepasnya, pemilik disarankan untuk mengisi daya baterai terlebih dahulu hingga penuh.

5. Perhatikan Sistem Pengereman

 

Sistem pengereman memiliki fungsi yang sangat vital pada kendaraan. Hal ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk motor listrik, melainkan semua jenis motor.

Demikian informasi cara merawat motor listrik dengan benar. Pastikan kamu lakukan step-step diatas ya. Semoga bermanfaat bagi anda yang telah membacanya.(*)

 

Sumber: