Perempuan Perlu Tahu! Begini 6 Cara Merawat Motor Matic Supaya Tetap Andal

Perempuan Perlu Tahu! Begini 6 Cara Merawat Motor Matic Supaya Tetap Andal

Cara merawat motor matic.--

RADAR TEGAL – Trend penggunaan motor matic di Indonesia sudah massif. Kini, baik perempuan ataupun laki-laki sudah lazim menggunakan motor matic. Berikut 6 cara merawat motor matic.

Meskipun jumlah pengendara motor matic sudah tergolong banyak, namun beberapa  pengendara justru kurang memperhatikan perawatan motor matic.

Baik motor matic baru ataupun bekas tentu perlu melakukan perawatan untuk dapat membuat kendaraan Anda tetap awet.

Melansir dari wahanahonda.com, berikut cara merawat motor matic.

BACA JUGA: 9 Cara Merawat Motor Matic yang benar Agar Awet dan Nyaman Digunakan Saat Berkendara

6 Cara Merawat Motor Matic

1.      Rutin Panaskan Mesin Motor pada Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa memanaskan motor merupakan sebuah cara merawat motor dengan memanaskan mesin supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin. Sehingga peforma dari mesin tersebut lebih optimal.

Panaskan motor kurang lebih 5 menit hingga 10 menit dan ada baiknya menggunakan kick stater saja apabila menggukana stater elektrik tentu akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor Anda.

2.      Rutin Ganti Oli secara Berkala

Perawatan motor yang satu ini sangat penting, untuk itu lakukan perawatan ganti oli sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km, ya.

Anda juga bisa melakukan perawatan ini dengan mudah dengan rutin melakkannya setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan jangan sampai Anda lupa untuk menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi motor yang Anda miliki, ya.

3.      Check Kondisi Vanblet dan Roler

Memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tidak boleh Anda tinggalkan. Sebab, kondisi vanbelt memiliki bahan yang terbuat dari karet, jadi dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang bisa mengakibatkan motor berhenti dan tidak bisa berjalan lagi.

4.      Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Mungkin beberapa dari masyarakat Indonesia sering melakukan kebiasan buruk ini. Ingat, jangan sampai motor matic Anda berhenti dijalan karena kehabisan bensin, hal ini karena dapat merusak mesin motor.

Terlebih pada motor matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

5.      Ganti Oli Shocbreaker

Tahukah Anda bahw oli tidak hanya  terdapat pada mesin saja, tetapi juga terdapat pada shockbreaker.

Oleh karena itu, Anda perlu melakuakn pergantian supaya kondisi shock motor tetep berfungsi secara normal. Untuk jadwal pergantian oli Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

6.      Servis Rutin di Bengkel

Perawatan pada servis berkala motor matic umumnya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor.

Namun, ada baiknya Anda melakukan service pada bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original.

Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.

BACA JUGA: Bosen Pakai Motor Matic, Kenalin Nih Suzuki Smash FI Next Edition 2023

Demikian ulasan mengenai 6 cara merawat motor matic. Semoga bermanfaat.***

Sumber: