Tips Merawat Motor Matic Setelah Dipakai Mudik, Jangan Sepelekan Jika Tak Mau Turun Mesin

Tips Merawat Motor Matic Setelah Dipakai Mudik, Jangan Sepelekan Jika Tak Mau Turun Mesin

Tips merawat motor matic setelah mudik adalah salah satunya dengan pengecekan CVT.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Mudik menggunakan motor matic memang pilihan yang tepat bagi banyak orang. Selain praktis dan irit bahan bakar, motor matic juga gesit dan mudah dikendarai di berbagai kondisi jalan. Tips merawat motor matic setelah mudikpun harus kita ketahui.

Setelah menempuh perjalanan panjang, merawat motor matic setelah mudik perlu mendapatkan perhatian ekstra agar performanya tetap prima dan siap untuk digunakan kembali di aktivitas sehari-hari.

Kewajiban untuk merawat motor matic setelah mudik sendiri untuk mengantisipasi adanya kendala akan komponen motor. Komponen biasanya mengalami perubahan setelah menempuh perjalanan panjang.

Berikut beberapa tips merawat motor matic setelah mudik yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, baca ulasannya hingga akhir agar motor kita tetap terasa nyaman.

BACA JUGA: Rekomendasi Motor Terbaru untuk Mudik 2024 yang Nyaman dan Aman

1. Cuci secara Menyeluruh

Perjalanan mudik yang panjang dan panas tentunya membuat motor maticmu kotor dan penuh debu. Kotoran dan debu yang menempel, terutama di bagian mesin, kolong motor, dan CVT, dapat mengganggu kinerja motor dan menyebabkan kerusakan jika tidak segera dibersihkan. 

Oleh karena itu, tips merawat motor matic setelah mudik yakni cucilah motor maticmu secara menyeluruh dengan sabun khusus motor dan air bersih. Pastikan semua kotoran terangkat dan keringkan motor dengan kain microfiber.

2. Ganti Oli Mesin dan Gardan

Oli mesin dan oli gardan adalah dua komponen penting yang berperan dalam menjaga performa dan keawetan mesin motor matic. Oli mesin yang kotor dan berkurang akibat pemakaian selama perjalanan mudik dapat menyebabkan mesin mudah panas dan aus. 

Oleh karena itu, gantilah oli mesin dan oli gardan setelah mudik dengan menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor maticmu.

BACA JUGA: Rekomendasi 3 Oli Motor Matic, untuk Pemakaian Perjalanan Jauh atau Mudik

3. Cek dan Bersihkan Filter Udara

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin, sehingga performa mesin menurun. Karena itu, cek dan bersihkan filter udara setelah mudik. Gunakan kompresor angin untuk membersihkan kotoran yang menempel pada filter udara. 

Sumber: