Bisa Bikin Mogok Mendadak, Begini 4 Cara Mengatasi Alternator Mobil yang Bermasalah

Bisa Bikin Mogok Mendadak, Begini 4 Cara Mengatasi Alternator Mobil yang Bermasalah

Ilustrasi. 4 cara mengatasi alternator mobil yang bermasalah-freepik-

RADAR TEGAL – Anda harus tahu 4 cara mengatasi alternator mobil yang bermasalah. Jika dibiarkan terus-terusan, maka bisa memicu masalah tertentu pada kendaraan Anda dan parahnya bisa membuat mogok ketika di tengah jalan.

Cara mengatasi alternator mobil yang bermasalah penting untuk diketahui semua pemilik kendaraan roda empat. Jangan sampai kendaraannya mengalami berbagai gangguan yang bisa menghambat perjalanan.

Apalagi bagian ini memang merupakan komponen vital pada mobil. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mengatasi alternator mobil yang bermasalah jika sewaktu-waktu terjadi pada kendaraan kesayangan Anda.

Di bawah ulasan 4 cara mengatasi alternator mobil yang bermasalah. Ketahui juga ciri-ciri kerusakannya beserta fungsi dari alternator ini.

Apa itu alternator mobil?

Alternator mobil ini juga biasa disebut dinamo mobil. Ia merupakan salah satu komponen listik yang ada di tiap kendaraan bermotor.

BACA JUGA : 5 Tips Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran Tahun 2024, Jangan Sepelekan Hal-hal Kecil Berikut Ini

Fungsinya sendiri untuk mengalirkan listrik dan menyediakan daya untuk sistem listrik pada mobil ketika digunakan. Jika bagian ini bermasalah, tentu kendaraan juga akan ikut bermasalah bahkan parahnya tidak bisa digunakan lagi sama sekali.

Ciri-ciri alternator mobil rusak

Adapun beberapa tanda jika alternator mobil rusak atau bermasalah. Mulai dari AC yang tidak dingin, lampu mobil cenderung redup, starter mobil jadi lebih sulit, ada bunyi bising yang kasar pada mesin selama menyala, serta aki mobil yang cepat habis atau aus.

4 cara mengatasi alternator mobil yang bermasalah

Setelah Anda tahu apa saja tanda alternator atau dinamo mobil yang bermasalah, maka perlu penanganan segera untuk masalah tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai solusi alternator mobil bermasalah.

1. Cek dan ganti bearing alternator

Pertama Anda bisa cek dulu bearing alternator mobil Anda. Bearing rusak bisa memicu suara kasar dan getaran yang bisa merusak kinerja alternator.

Sumber: