Tanda-Tanda dan Jenis Kerusakan Baterai Mobil Listrik, Pengendara Gak Boleh Abaikan Ini

Tanda-Tanda dan Jenis Kerusakan Baterai Mobil Listrik, Pengendara Gak Boleh Abaikan Ini

Berikut beberapa tanda dan jenis kerusakan baterai mobil listrik--

RADAR TEGAL - Baterai, sebagai jantung dari kendaraan listrik, memiliki peran yang tak tergantikan dalam menentukan kinerja dan keandalan mobil. Seperti halnya bahan bakar dalam kendaraan konvensional, baterai adalah sumber daya utama yang menentukan jarak tempuh dan kinerja keseluruhan mobil sebab itu kerusakan baterai mobil listrik tak dapat diabaikan.

Seiring dengan penggunaan dan usia, baterai mobil listrik dapat mengalami berbagai masalah dan kerusakan yang memerlukan perhatian khusus. Sebagai pengendara wajib mengetahui beberapa kerusakan baterai mobil listrik ini

Beberapa kerusakan baterai mobil listrik pastinya dapat dicegah bila kita mengetahui kendalanya. Oleh karena itu, kami akan merangkum beberapa diantaranya.

Berikut ulasan mengenai tanda-tanda dan jenis kerusakan baterai mobil listrik. Simak pembahasannya hingga akhir agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Mudik ke Jateng Pakai Mobil Listrik? Ini Daftar Lokasi SPKLU di Jalur Pantura dan Tol Brebes-Pemalang

  • Tanda-tanda kerusakan baterai mobil listrik

Penurunan signifikan jarak tempuh

Salah satu tanda kerusakan baterai mobil listrik yang utama bahwa baterai mobil listrik mengalami masalah adalah penurunan yang signifikan dalam jarak tempuh yang dapat ditempuh kendaraan. Perlu dicatat bahwa ini tidak hanya berarti sedikit penurunan jarak tempuh, tetapi penurunan yang cukup besar yang dapat dirasakan secara nyata.

Penurunan performa yang terasa

Selain dari penurunan jarak tempuh, perhatikan juga apakah performa kendaraan terasa berkurang. Misalnya, apakah percepatannya terasa lebih lambat dari biasanya? Atau apakah kendaraan sulit menanjak atau mengalami kesulitan dalam berakselerasi? Jika ya, ini bisa menjadi tanda bahwa baterai mengalami masalah.

Indikator baterai bermasalah

Beberapa mobil listrik dilengkapi dengan indikator yang dirancang khusus untuk memberi tahu pengemudi tentang kondisi baterai. Perhatikan dengan cermat apakah ada perubahan pada indikator ini. Misalnya, apakah ada peringatan tentang suhu yang tidak stabil, tegangan yang tidak normal, atau munculnya pesan kesalahan? Jika demikian, ini mungkin menandakan bahwa baterai perlu diperiksa lebih lanjut.

Munculnya bau menyengat

Bau yang tidak biasa, terutama bau yang menyengat, dari area baterai bisa menjadi tanda kerusakan baterai mobil listrik dan adanya masalah. Bau ini bisa disebabkan oleh overheating atau korsleting dalam baterai. Jika Anda mencium bau yang mencurigakan, segera hentikan penggunaan kendaraan dan periksakan ke ahli bengkel.

BACA JUGA: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Mobil Listrik Terendam Banjir, Dijamin Ga Bakal Rewel Lagi

Sumber: