Mudik ke Jateng Pakai Mobil Listrik? Ini Daftar Lokasi SPKLU di Jalur Pantura dan Tol Brebes-Pemalang

Mudik ke Jateng Pakai Mobil Listrik? Ini Daftar Lokasi SPKLU di Jalur Pantura dan Tol Brebes-Pemalang

SPKLU - Dengan memperhatikan daftar lokasi SPKLU, tips dan memilih mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat melakukan perjalanan mudik dengan nyaman dan aman.-(Foto: PT PLN)-

RADAR TEGAL - Mudik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia, terutama saat momen lebaran tiba. Bagi Anda pengguna mobil listrik jangan cemas tentang daftar lokasi SPKLU yang lewat jalur Brebes, Tegal, Pemalang.

Para pemudik seringkali harus menghadapi tantangan tentang daftar lokasi SPKLU sepanjang perjalanan yang padat dengan arus lalu lintas, bagi Anda yang memilih opsi yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis menggunakan mobil listrik. 

Kehadiran daftar lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di sepanjang jalur Pantura dan jalan tol Jawa Tengah memberikan solusi bagi pemudik yang ingin menjalani perjalanan tanpa meninggalkan jejak karbon yang besar. 

Namun, penggunaan mobil listrik untuk mudik bukanlah tanpa persiapan dan pertimbangan khusus mengenai daftar lokasi SPKLU. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips-tips, jenis-jenis mobil listrik yang cocok untuk mudik.

BACA JUGA: Bocoran Fitur Mobil Listrik Xiaomi SU7 2024, Bisa Parkir Otomatis Tanpa Mikir Kesenggol Mobil Lain

Kelebihan dan kekurangan mobil listrik, faktor-faktor penting dalam memilih mobil listrik untuk mudik, serta kesimpulan untuk membantu pemudik membuat keputusan yang tepat.

Lokasi SPKLU Brebes Tegal Pemalang

Mulai dari Brebes, Tegal hingga Pemalang sudah disiapkan 9 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Stasiun ini tersebar di sepanjang jalur Pantura dan jalan tol di tiga daerah tersebut. Berikut lokasi SPKLU. 

  • ULP Brebes Jalan A Yani
  • ULP Slawi Jalan A Yani
  • PLN ULP Tegal Timur Jalan Raya Pantura Dampyak 
  • Rest Area KM 252 A Brebes
  • Rest Area KM 275 A Penarukan Kabupaten Tegal
  • Rest Area KM 287 A Gembongdadi
  • Rest Area KM 319 B Comal Pemalang
  • Rest Area KM 282 B Lebeteng 
  • Rest Area KM 294 B Kertasari

Tips Mudik Menggunakan Mobil Listrik

Mudik dengan mobil listrik membutuhkan perhatian khusus agar perjalanan berlangsung lancar. Pertama, pastikan baterai mobil listrik terisi penuh untuk mendukung jarak tempuh yang diperlukan. 

BACA JUGA: Beberapa Kekurangan Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Canggih yang Perlu Dipertimbangkan

Tentukan rute dan daftar lokasi SPKLU yang dekat dengan rute perjalanan Anda. Isi daya penuh sebelum memulai perjalanan dan pastikan akses internet untuk mengaktifkan aplikasi pengisian daya. 

Selain itu, pastikan saldo e-wallet Anda mencukupi untuk membayar pengisian daya. Bawa juga emergency tools seperti ban serep, dongkrak, segitiga emergency, cairan penambal ban, obat-obatan, dan kartu tol dengan saldo yang mencukupi. 

Perhatikan batas kecepatan yang ditetapkan dan pastikan ketersediaan makanan dan minuman selama perjalanan.

Sumber: