Cara Pengajuan KUR Mandiri 30 Juta, Syarat Mudah Proses Cepat

Cara Pengajuan KUR Mandiri 30 Juta, Syarat Mudah Proses Cepat

BANK MANDIRI - Mendapatkan KUR Mandiri 30 juta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat apabila Anda mengikuti panduan dan tips yang telah disampaikan.--(Foto: Istimewa)

RADAR TEGAL - Bisnis kecil dan menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia. Untuk mendukung pertumbuhan sektor ini, pemerintah telah menginisiasi program Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri 30 Juta. 

Program KUR Mandiri 30 Juta ini menawarkan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Apa saja tips dan cara agar cepat pencairannya?

Bagi Anda yang tengah merintis usaha dan memerlukan dana tambahan hingga Rp30 juta, KUR Mandiri 30 Juta bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagi Anda yang masih bingung cara pengajuannya? Tenang, kami telah merangkum caranya di bawah ini.

Namun, sebelum Anda memulai proses pengajuan KUR Mandiri 30 Juta ini, penting untuk memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi dan langkah-langkah yang perlu diikuti. Simak panduan lengkap berikut ini.

BACA JUGA: KUR Mandiri 2024 Sediakan Pinjaman 500 Juta Tanpa Jaminan, Berikut Persyaratannya

Syarat Pencairan KUR Mandiri

Individu

Bagi individu yang ingin mengajukan KUR Mandiri sebesar Rp30 juta, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama-tama, Anda harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. 

Selain itu, Anda juga diwajibkan memiliki usaha mikro yang telah beroperasi selama minimal 6 bulan. Pastikan tidak sedang menerima kredit produktif dari bank lain dan memiliki dokumen seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). 

Selain itu, persiapkan juga KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Meskipun tidak wajib, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dapat memperkuat pengajuan Anda.

Badan Usaha

Jika Anda mengoperasikan usaha dalam bentuk badan usaha seperti CV, Firma, atau PT, terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Badan usaha Anda harus telah berdiri minimal 1 tahun dan tidak sedang menerima kredit produktif dari bank lain. 

BACA JUGA: KUR Mandiri 2024 Terbaru Cair sampai Rp100 Juta, Begini Syarat, Suku Bunga, dan Pinjamannya

Pastikan memiliki dokumen seperti NIB atau SIUP, serta akte pendirian perusahaan beserta perubahannya jika ada. Selain itu, persiapkan juga KTP elektronik dan KK pengurus, serta NPWP perusahaan.

Sumber: