Menunggu Surut, Target Perbaikan Jalan Rusak Dampak Banjir di Jawa Tengah Selesai H-7 Lebaran

Menunggu Surut, Target Perbaikan Jalan Rusak Dampak Banjir di Jawa Tengah Selesai H-7 Lebaran

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Hanung Triyono-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Perbaikan jalan rusak dampak banjir di Jawa Tengah ditargetkan selesai H-7 Lebaran. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan perbaikan jalan provinsi yang rusak akibat banjir dan longsor selesai sebelum Hari Raya Idulfitri.

Hal itu sesuai keterangan dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Hanung Triyono. Menurutnya target perbaikan jalan rusak dampak banjir memang sebelum Lebaran.

Jalan-jalan provinsi yang rusak akibat banjir memang banyak di daerah timur, seperti Grobogan, Demak, Kudus, dan lainnya. Perbaikan jalan rusak dampak banjir tersebut akan segera dilakukan setelah banjir surut.

“Untuk perbaikan jalan provinsi kita menunggu setelah surut. Setelah surut kita akan laksanakan perbaikan dengan menambal lubang. Nanti H-7 Lebaran selesai,” katanya di Semarang, Senin, 25 Maret 2024 terkait target perbaikan jalan rusak dampak banjir tersebut.

BACA JUGA: Protes Jalan Rusak di Tegal, Warga Kertayasa Sengaja Tanam Pohon Pisang dan Mancing

Hanung mengatakan, selama perbaikan jalan rusak dampak banjir, akan dipasang rambu-rambu informasi bagi masyarakat tentang kegiatan tersebut. Ia juga mengimbau agar warga dapat berkendara dengan hati-hati.

“Jangan ngebut, apalagi saat hujan. Jalannya khan tertutup air, kita tidak tahu bawahnya itu ada lubang atau tidak. Tidak hanya jalan provinsi, jalan nasional, bahkan jalan kabupaten/kota pun juga seperti itu,” katanya.

Hanung mengatakan, jalan rusak dampak banjir diperkirakan mencapai 100 km. Panjang itu terbagi di berbagai spot. 

Jalan yang banyak rusak di antaranya lingkar Purwodadi Grobogan, Jati-Klambu, Kudus-Margoyoso dan lainnya.  Perbaikan jalan rusak dampak banjir itu dilakukan dengan pengaspalan, jalan-jalan yang rusak diperbaikan dengan penambalan. 

BACA JUGA: PJU Minim dan Jalan Rusak, Ruas Karangdawa-Jatilaba Kabupaten Tegal Rawan Kecelakaan

Di luar perbaikan jalan yang terdampak banjir, Pemprov Jateng juga memperbaiki jalan di ruas-ruas lain. 

“Kita juga laksanakan pengerjaan overlay, ada sekitar hampir 40 km yang tersebar di Jawa Tengah. itu untuk kenyamanan para pengguna jalan saat Lebaran,” kata dia.

Adapun untuk jalan nasional, seperti halnya jalan pantura Demak juga sedang dilakukan perbaikan. 

“Perbaikan jalan pantura itu sudah mulai, yang mengerjakan balai besar, targetnya H-10 Lebaran,” kata Hanung. 

Sumber: