Jangan Lakukan Lagi! Ternyata Kebiasaan-kebiasaan Ini Bisa Sebabkan AC Cepat Rusak dan Tidak Dingin

Jangan Lakukan Lagi! Ternyata Kebiasaan-kebiasaan Ini Bisa Sebabkan AC Cepat Rusak dan Tidak Dingin

Jangan Lakukan Lagi! Ternyata Kebiasaan ini Jadi Penyebab AC Cepat Rusak --

RADAR TEGAL - Air Conditioner (AC) adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di daerah dengan iklim yang panas. Namun, seringkali pengguna AC tidak menyadari bahwa ada penyebab ac cepat rusak yang  pada akhirnya menjadi  masalah di mana AC menjadi lebih cepat rusak.

Padahal kerusakan AC dapat menyebabkan gangguan dan ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pada artikel ini akan membahas beberapa penyebab ac cepat rusak yang umumnya sering dilakukan pengguna sehingga harapannya Anda dapat mencegahnya dan memastikan AC berfungsi dengan baik.

Selain itu, mengetahui penyebab AC cepat rusak  juga  dapat membantu Anda mencegah kerusakan AC yang lebih besar di masa depan. Dengan mencegah kerusakan sejak awal, Anda dapat menghemat biaya perbaikan yang mahal.

BACA JUGA: Rekomendasi AC 1/2 PK Terbaik 2024, Anda Tak Perlu Kepanasan Lagi saat Berpuasa

Lantas apa saja penyebab AC cepat rusak? Bagi pengguna AC wajib Simak artikel ini sampai selesai ya.

Penyebab AC cepat rusak dan tidak dingin

1. Lupa Mengganti atau Membersihkan Filter AC

Tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk yang bikin AC cepat rusak pertama yakni Anda lupa mengganti atau membersihkan filter AC secara rutin. Filter AC sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting untuk membersihkan udara yang masuk ke dalam rumah Anda.

Apabila filter AC di  rumah Anda kotor maka akan menghambat aliran udara dan bisa membuat AC bekerja lebih keras untuk menjaga suhu ruangan supaya tetap dingin. Tidak hanya dapat meningkatkan listrik di rumah meningkat, filter AC yang jarang Anda bersihkan juga akan rentan terkena masalah mekanik dan mengurangi umur penggunaannya.

BACA JUGA: Rekomendasi AC Hemat Listrik 200 Watt Terlaris di Tokopedia, Rating 5 Terpopuler

2. Meletakkan Furnitur Besar Dekat AC

Salah satu kesalahan yang paling umum yang membuat AC di rumah cepat rusak yakni tidak membiarkan ventilasi AC bekerja  dengan leluasa. Hal tersebut  terjadi, karena Anda meletakkann furnitur terlalu dekat denganbagian bawah AC.

Adapun peletakkan AC ini dapat membebani kerja AC karena aliran udara  tidak bekerja dengan baik.

3. AC Tak Pernah Diservis

Tahukah Anda bahwa AC membutuhkan perawatan secara rutin untuk  bisa bekerja dengan efisien. Namun, kebanyakan dari Anda justru memanggil jasa service AC pada saat  AC sudah rusak.

Dengan memanggil jasa service AC secara rutin maka bisa membuat Anda mengetahui potensi kerusakan dan memperbaikinya sebelum parah. Cara ini juga bisa membuat Anda jadi lebih teratur membersihkan dan mengganti filter AC.

Sumber: