Kembangkan Tari Sufi Sejak Tahun 2017, Ponpes di Kabupaten Tegal Banjir Permintaan Tampil saat Ramadhan

Kembangkan Tari Sufi Sejak Tahun 2017, Ponpes di Kabupaten Tegal Banjir Permintaan Tampil saat Ramadhan

TAMPIL- Irham Aji Pangestu, pengurus dan pelatih tari sufi di Ponpes Misbakhul Huda Amiriyah Putra Kambangan, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, saat tampil di acara pengajian, beberapa waktu lalu. -Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

BACA JUGA: Pahala Mengalir dengan Deras, Bacaan Dzikir ini Bisa Kamu Lakukan Selama Bulan Ramadhan

"Pakaian warna putih melambangkan kain kafan, dan peci tinggi warna coklat melambangkan batu nisan," kata Irham yang pernah tampilkan Tari Sufi di Pelabuhan Merak Jakarta.

Saat ini, santri Ponpes Misbakhul Huda yang belajar tari sufi sekitar 20 santri putra dan 15 santri putri. Mereka kerap diundang untuk tampil di acara pengajian dan maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Biasanya, tari sufi dibarengkan dengan musik hadroh. Hampir tiap bulan, ada permintaan Tari Sufi di wilayah Tegal dan Brebes. Bahkan, 

Irham yang sudah melalang buana di dunia tari sufi memberikan tips agar tidak pusing saat memutar badan. Pertama, sebelum melakukan tari harus wudlu dulu dibarengi dengan rasa pasrah.

BACA JUGA: Gandeng Ponpes, Baznas Gelar Safari Dakwah Ramadhan di Kabupaten Tegal

Melakukan gerakan ruku sambil bersyahadat, dan kembali berdiri juga dengan melantunkan syahadat. Lalu, kaki kanan ke belakang dan kaki kiri sebagai tumpuan. 

“Pertama memang pusing, tapi kalau sudah biasa dan sambil zikir tidak pusing,” ujar Irham, santri di Ponpes Misbakhul Huda sejak 2019 lalu. (*)

Sumber: