Pahala Mengalir dengan Deras, Bacaan Dzikir ini Bisa Kamu Lakukan Selama Bulan Ramadhan

Pahala Mengalir dengan Deras, Bacaan Dzikir ini Bisa Kamu Lakukan Selama Bulan Ramadhan

--

RADAR TEGALBulan Ramadhan, menjadi salah satu bulan yang dipenuhi dengan rahmat serta keberkahan besar dari Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan banyak ibadah, salah satunya yaitu dengan berdzikir. Ibadah dzikir ini bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan.

Berdzikir menjadi salah satu ibadah yang memiliki pahala tinggi. Bacaan dzikir ini bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan untuk mengisi waktu sibuk maupun luang.

Melalui dzikir dapat dijadikan sebagai pengingat dan penghormatan kepada Sang Pencipta. Dengan bacaan dzikir ini bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa bacaan dzikir ini bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan. Simak baik-baik ya.

BACA JUGA: Pahalanya Tetap Berlipat-lipat, Ini 5 Amalan yang Bisa Dikerjakan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

1. Tasbih, Tahmid, dan Takbir

Perintah untuk berdzikir secara umum tertuang dalam QS. Al-Baqarah ayat 152, yang berbunyi:

"Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." 

Bacaan dzikir ini bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan berdzikir, keimanan menjadi naik dan membantu seseorang untuk selalu mengingat-Nya.

dikutip dari detikhikmah, keutamaan dzikir ini termasuk kalimat yang paling dicintai Allah, Imam Muslim dalam kitab sahihnya meriwayatkan hadits Samurah bin Jundab RA dia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, kalimat yang paling dicintai Allah ada empat. Kamu tidak salah memulai dari kalimat mana saja: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar."

BACA JUGA: Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

Selain itu, dzikir ini juga bisa dijadikan sebagai pelebur dosa. Dalam Kitab Al Musnad, Sunan At Tirmidzi, dan Musadrak Al Hakim, terdapat riwayat dari hadits Abdullah bin 'Amr RA, dia berkata:

"Rasulullah SAW bersabda: "Di muka bumi ini, setiap kali seseorang membaca kalimat laa ilaaha illallaah, Allahu Akbar, Subhanallah, dan Laa haula walaa quwwata illaa billaah, maka dosa-dosanya dilebur meskipun lebih banyak dari buih laut."

Serupa tanaman di surga, At Tirmidzi meriwayatkan melalui Abdullah bin Mas'ud Radhiyallahu anhu, dari Nabi SAW yang mana Beliau bersabda, "Aku bertemu dengan Ibrahim pada malam ketika aku di'israkan. Lalu Ibrahim berkata, 'Wahai Muhammad, sampaikan salamku kepada umatmu dan beritahulah mereka bahwa surga itu baik tanahnya, tawar airnya, dan surga itu qi'an, yang tanamannya adalah subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar."

Sumber: