6 Bahaya Makan Makanan Pedas saat Berbuka Puasa, Nomor 5 Tidak Disangka

6 Bahaya Makan Makanan Pedas saat Berbuka Puasa, Nomor 5 Tidak Disangka

--

Makanan pedas yang sudah dikonsumsi lalu masuk ke tubuh melalui pencernaan bisa mengganggu mikrobiota usus. Mikrobiota ini secara singkat adalah kumpulan bakteri yang menempati usus manusia. 

Mikrobiota menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dihasilkan dari hasil fermentasi bakteri baik di dalam usus besar. Fermentasi ini berasal berbagai makanan, terutama asupan berserat dan bertepung.

Bahaya makan makanan pedas saat berbuka puasa salah satunya dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare atau pemasalahan pada usus besar.

4. Terkena Iritasi Usus

Karena usus merupakan bagian penting tubuh yang sensitif. Jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Sering makan makanan pedas sangat tidak diperbolehkan karena dapat mengakibatkan iritasi pada usus. 

5. Mengalami Insomnia

Ketika kamu mengkonsumsi makanan pedas otomatis suhu tuhuh kamu akan naik. Itulah yang menjadi alasan mengapa tubuh kamu mengeluarkan keringat ketika makan makanan yang pedas. 

Pedas juga dapat mengaktifkan hormon kimia. Keadaan itu bisa membuat kamu tak terjaga di malam hari.

BACA JUGA: 6 Tips Kuat Berpuasa Penuh Satu Bulan, Salah Satunya Kualitas Tidur yang Harus Seimbang

6. Kehilangan Sensitivitas Pada Lidah

Makan makanan pedas terlalu banyak juga dapat mengurangi sensitivitas pada lidah loh! Bahkan sensitivitas pada lidah bisa hilang.

Nah, akibat dari sensitivitas lidah hilang yaitu lidah tidak berfungsi optimal lagi.

Kesimpulan

Diusahakan jika ingin mengkonsumsi hidangan pada waktu berbuka, pilihlah yang tepat. Dan, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makan makanan pedas. 

Sudah banyak orang yang terkena masalah kesehatan karena terlalu sering mengkonsumsi makan makanan pedas. Demikian informasi tentang bahaya makan makanan pedas saat berbuka puasa. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: