Mitos Membuka Kap Mobil untuk Mendinginkan Mesin Setelah Perjalanan Jauh, Ini Faktanya

Mitos Membuka Kap Mobil untuk Mendinginkan Mesin Setelah Perjalanan Jauh, Ini Faktanya

Foto: Mitos membuka kap mobil setelah perjalanan jauh/Tangkapan layar pexels.com--

RADAR TEGAL - Banyak pengemudi yang terlanjur percaya bahwa membuka kap mobil setelah perjalanan jauh adalah cara efektif untuk mendinginkan mesin. Simak selengkapnya di sini.

Namun, tahukah Anda bahwa membuka kap mobil sebenarnya hanyalah mitos dan berpotensi menimbulkan masalah? Saat Anda melakukan perjalanan jauh, mesin mobil bekerja ekstra keras untuk menempuh jarak yang jauh.

Proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin ini menghasilkan panas yang tinggi. Membiarkan mesin dalam keadaan panas saat dimatikan dapat memicu perubahan suhu yang drastis daripada melakukan membuka kap mobil.

Perubahan drastis ini berisiko merusak komponen mesin seperti kepala silinder dan komponen logam lainnya. Itulah mengapa penting untuk memastikan mesin berada dalam kondisi yang lebih dingin sebelum dimatikan sepenuhnya, lalu apakah membuka kap mobil setelah perjalanan jauh untuk mendinginkan efektif?

BACA JUGA: Cari Mobil Bekas Berkualitas? Begini Cara dan Tips Memilihnya Agar Tak Kecewa

Membongkar mitos membuka kap mobil

Dilansir dari sumber resmi Toyota, kebiasaan membuka kap mobil setelah perjalanan jauh ternyata tidak diperlukan, bahkan berpotensi menimbulkan masalah. Logikanya begini: ketika mesin dalam keadaan panas, aliran udara yang masuk ke ruang mesin justru dapat mempercepat perubahan suhu. Ini malah mengganggu proses pendinginan alami yang sedang berlangsung.

Selain itu, membuka kap mobil saat mesin masih panas juga meningkatkan risiko kerusakan. Komponen mesin yang masih panas tersebut rentan terpapar debu, kotoran, bahkan benda asing yang bisa masuk dan menyebabkan gangguan pada sistem kerja mesin.

Cara mendinginkan mesin yang tepat

Jika membuka kap mobil bukanlah cara yang tepat, bagaimana cara yang baik untuk mendinginkan mesin setelah perjalanan jauh? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Biarkan Mesin Berjalan Netral selama Beberapa Menit

Setelah sampai di tempat tujuan, jangan langsung mematikan mesin, nyalakan mesin kendaraan dan biarkan dalam posisi netral selama beberapa menit. Ini memberikan kesempatan bagi mesin untuk menurunkan suhu secara bertahap dan alami.

BACA JUGA: Mobil MPV Termurah Terbaru 2024 Ini Pas untuk Mudik, Bigini Tips Pulang Kampung yang Aman

2. Hindari Mematikan Mesin Segera

Sumber: