Menelusuri Jejak Misteri Hantu Kuyang, Mitos Mengerikan dari Daratan Kalimantan

Menelusuri Jejak Misteri Hantu Kuyang, Mitos Mengerikan dari Daratan Kalimantan

--

RADAR TEGAL - Indonesia dikenal dengan berbagai cerita mistis, salah satunya misteri hantu kuyang. Hantu ini berasal dari masyarakat Dayak di Kalimantan.

Dalam kepercayaan tradisional, misteri hantu kuyang dikisahkan sebagai sosok yang memiliki kemampuan supranatural untuk berubah wujud menjadi perempuan cantik pada siang hari. Namun pada malam hari, ia berubah menjadi makhluk yang mengerikan.

Misteri hantu kuyang yang dikenal sebagian masyarakat terkait dengan sosok hantu yang dapat melepaskan kepala dan organ dalam dari tubuhnya. Saat sudah berubah wujud, ia akan mulai mencari mangsa berupa anak-anak atau bayi untuk memperoleh darah sebagai energi mereka.

Namun, bagaimana sebenarnya misteri hantu kuyang yang dinilai mengerikan itu? Simak ulasannya sampai akhir

BACA JUGA:Mitos Menabrak Kucing Pertanda Buruk? Berikut Penjelasannya

Legenda dan misteri hantu kuyang

Legenda ini merupakan bagian dari warisan budaya lisan suku Dayak di Kalimantan. Menurut cerita rakyat, misteri hantu kuyang tidak bisa lepas dari sosok dukun atau wanita yang sedang mempraktikkan ilmu hitam untuk mencuri energi orang lain terutama anak-anak atau bayi. 

Kepercayaan masyarakat

Kepercayaan terhadap hantu kuyang sangatlah kuat di masyarakat Kalimantan. Bahkan dianggap sebagai hal yang nyata dan serius.

Meskipun dianggap sebagai cerita mistis, masyarakat Kalimantan sudah mempercayai hantu kuyang adalah hal yang nyata dan serius. Hal ini diperkuat dengan seringnya penampakan hantu tersebut dan cerita-cerita yang diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Kepercayaan pada makhluk halus tentu saja sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga percaya bahwa di balik misteri hantu kuyang, memang ada sosok yang menggunakan ilmu hitam.

BACA JUGA: Konon Berdasarkan Kisah Nyata, Inilah Mitos Dunia yang Mengerikan Hingga saat Ini

Ciri-ciri orang yang menggunakan ilmu kuyang

1. Memiliki pengetahuan tentang ilmu hitam

Sumber: