Keutamaan Sholat Tarawih Malam 1-30 Bulan Ramadhan, Ini Kata Kitab Durratun Nasihin

Keutamaan Sholat Tarawih Malam 1-30 Bulan Ramadhan, Ini Kata Kitab Durratun Nasihin

RAMADHAN- Keutamaan sholat tarawih dalam kitab durratun nasihin --

RADAR TEGAL - Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana semua amal sholeh yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Ada banyak keutamaan sholat tarawih malam 1-30 bulan Ramadhan yang perlu kamu ketahui. 

Maka semua umat muslim pun berlomba-lomba dalam hal kebaikan, sebagaimana Maka semua umat muslim berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Pada saat bulan ramadhan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan sholat tarawih. 

Pada saat bulan ramadhan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, selain itu juga umat muslim dianjurkan untuk menunaikan sholat tarawih.  Pada saat bulan Ramadhan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, selain itu juga umat muslim dianjurkan untuk menunaikan sholat tarawih. 

Keutamaan sholat tarawih malam 1-30 bulan Ramadhan dalam hadis sahih, Nabi SAW menerangkan keutamaan sholat malam (tarawih) pada bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Malas saat Akan Sholat Tarawih? Ini 5 Tips Agar Tidak Malas Menunaikan Sholat Tarawih

 مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa sholat malam (tarawih) di bulan Ramadhan karena beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Keutamaan sholat tarawih malam 1-30 bulan Ramadhan

Sholat tarawih adalah sholat sunah muakkad yang dilakukan hanya di malam - malam bulan ramadhan setelah sholat isya. Sholat tarawih memang tidak wajib dilaksanakan, namun ada banyak keutamaan sholat tarawih yang diperoleh apabila menumaikannya. 

Adapun keutamaan sholat Tarawih setiap malam dari malam 1-30 disebutkan dalam Kitab Durrotun Nashihin karya Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khaubawi (wafat 1824 M). Durratun Nashihin memiliki arti "Mutiara para Penasehat" di dalamnya berisi nasihat-nasihat, peringatan, kisah hikmah.

Kitab ini sering dipakai oleh penuntut ilmu di pesantren. Berikut keutamaan sholat tarawih malam 1-30 Bulan Ramadhan Dalam Kitab Durratun Nasihin.

BACA JUGA: Tarawih Keliling Pemprov Jateng Digelar di 18 Lokasi, Perdana di Wisma Perdamaian

Keutamaan Sholat Tarawih Malam ke-1

يَخْرُجُ الْمُؤْمِنُ مِنْ ذَنْبِهِ فِى اَوَّلِ لَيْلَةٍ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ اُمُّهُ

Sumber: