16 Macam Sambal Khas Indonesia, Pedasnya Bikin Mata Merem Melek

16 Macam Sambal Khas Indonesia, Pedasnya Bikin Mata Merem Melek

--

Sambal krecek ini teksturnya lembut dan cocok untuk disantap dengan nasi hangat.

4. Sambal Tanak

Kalau ini sambal khas Indonesia milik para warga Minang. Tanak berarti dimasak, yakni cabai dan bawang diblender halus kemudian dimasak bersama santan, asam kandis, ikan teri sedang.

Sambal ini memiliki citarasa gurih dan pedas. Sangat cocok dimakan bersama nasi panas, terong atau buncis kukus

5. Sambal Dabu-Dabu

Nah, sambal ini serupa dengan sambal matah. Hanya saja, sambal asal Manado ini menggunakan bahan yang lebih sederhana. Bahan-bahan yang digunakan yakni cabai merah, tomat, kemangi, bawang merah serta minyak panas.

Dijamin sambal dabu-dabu bikin ketagihan, cocok di makan bersama ikan goreng.

6. Sambal Tempoyak

Biasanya durian disantap secara langsung bukan? Kali ini berbeda, Justru dijadikan olahan sambal. Bagi pecinta durian, wajib mencoba sambal khas Indonesia ini.

Kapan lagi buah durian bisa disantap dengan nasi hangat? Daging durian yang manis kemudian difermentasi dan dijadikan sambal. Dikenal dengan sambal durian tempoyak, rasanya sangat unik tentunya, mau mencoba?

7. Sambal Cabai Hijau

Biasanya kamu sangat mudah menemukan sambal yang satu ini. Biasanya ada di Nasi Padang, Ayam Geprek, atau cocolan Ayam Goreng.

Sambal Cabai Hijau sendiri ini terdiri dari cabai hijau muda, tomat hijau, bawang merah. Terkadang juga ada campuran petai, jengkol, atau ikan asin yang semakin membuat sambalnya beragam.

BACA JUGA: Harga Cabai di Kabupaten Tegal Naik Tembus Rp80 Ribu per Kilogram, Ayam Potong Rp40 Ribu

8. Sambal Roa

Sumber: